Desk Pengawasan Kearsipan di Lingkungan Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tahun 2023


Sebagai upaya pemahaman penyusunan tata naskah dinas dengan tepat, benar dan akurat serta dalam rangka menertibkan pengelolaan kearsipan, Ditjen P2P menyelenggarakan Desk Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 pada tanggal 20-23 Juli 2023.

Kegiatan Desk Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 diikuti oleh seluruh Satker/UPT Kementerian Kesehatan di lingkungan Direktorat Jendral P2P. BBTKLPP Yogyakarta hadir dalam kegiatan tersebut diwakili oleh Arsiparis Mahir, Kisniati, S.I.P.,dan Pranata Humas, Andriyani, S.M.

Acara dibuka dengan doa bersama, laporan panitia, dilanjutkan sambutan sekaligus arahan dari Sekretaris Direktorat Jendral P2P Bp. dr. Yudhi Pramono, MARS secara daring, lalu penyampaian mekanisme Desk Pengawasan Kearsipan dilanjutkan Kegiatan Desk Pengawasan Kearsipan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Hari kedua diisi dengan pemaparan 3 materi dari para narasumber, untuk pemateri yang pertama yaitu 'Tata Naskah Dinas Kementerian Kesehatan' disampaikan oleh Biro Umum Kementerian Kesehatan, pemateri kedua dan ketiga ‘Tata Bahasa Persuratan’ serta ‘Pengelolaan Central File dan Arsip Dinamis’ disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan kembali dilanjutkan Desk Pengawasan Kearsipan. Melalui Desk Pengawasan Kearsipan ini, Unit Kearsipan (UK) dan Unit Pengolah (UP) diseluruh satker/UPT Kementerian Kesehatan diberikan pembekalan berupa sosialisasi pengawasan internal kearsipan dan penjelasan indikator – indikator penilaian dalam formulir ASKI (Assesmen Sistem Kearsipan Internal) agar mereka lebih memahami dan mengupayakan bukti-bukti hasil kegiatan kearsipan yang telah dilaksanakan, baik dalam proses penciptaan naskah kedinasan, proses pemeliharaan arsip, proses penyusutan arsip, dan pengelolaan arsip serta kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola arsip yang tercipta di lingkungannya.

Kearsipan adalah cermin dari ketertiban dan kebijaksanaan. Dalam setiap dokumen yang terarsip dengan baik, terpancarlah kearifan untuk mengatur dan membangun fondasi yang kokoh. Menghargai kearsipan adalah menghargai esensi pengorganisasian dan ketelitian dalam hidup, membawa kita pada keberhasilan dan kesuksesan.

Salam Arsip.