Persiapan Teknis Kegiatan Penyelenggaraan Pilot Project Penanggulangan Dengue Dengan Metode Wolbachia


Sehubungan dengan launching implementasi Pilot Project Wolbachia di Kota Semarang yang telah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan RI dan Walikota Semarang pada tanggal 30 Mei 2023. Sebagai langkah untuk percepatan pelaksanaan kegiatan, dilaksanakan penyiapan persiapan (release) di Kecamatan Tembalang. Salah satu kegiatan yang disiapkan adalah On The Job Training tingkat kecamatan di wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Kegiatan On The Job Training dilaksanakan di Noormans Hotel Semarang, Jl. Teuku Umar No.27-Jatingaleh, Kec. Gajah Mungkur Kota Semarang pada tanggal 27-28 Juli 2023 dengan peserta dari Ditjen P2P Kemenkes, BBTKLPP Yogyakarta, B2P2VRP Salatiga, Dinas Kesehatan Kota Semarang, Tim UGM, Puskesmas dan koordinator lapangan.

Rangkaian kegiatan meliputi : Update mengenai kegiatan produksi telur nyamuk berwolbachia disampaikan dari B2P2VRP Salatiga, Update Quality Assurance Pilot Project Wolbachia di Kota Semarang dilakukan oleh BBTKLPP Yogyakarta yang dipaparkan oleh Dr. Andiyatu, SKM, M.Si sebagai perwakilan dari BBTKLPP Yogyakarta, Update Sistem, Data dan ODK oleh tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan dilanjutkan dengan praktek rilis pada hari berikutnya.

Harapannya kegiatan ini dapat memberikan hasil yang baik sehingga dapat digunakan sebagai upaya penanggulangan dengue di daerah lainnya.