Waspadai Keamanan Pangan Arus Mudik, BB Labkesmas Yogyakarta lakukan pencegahan penyakit bersumber makmin di Jawa Tengah


BB Labkesmas Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dan Puskesmas Cilacap Tengah I (Labkesmas tier 1) melaksanakan kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada Saat Arus Mudik Lebaran di Terminal Bangga Mbangun Desa Kota Cilacap pada tanggal 3 April 2024.

Kegiatan dilakukan sebagai Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) Kejadian Penyakit serta memantau faktor risiko lingkungan pada situasi khusus di terminal. Kegiatan yang dilakukan meliputi wawancara dan observasi faktor risiko penyakit di terminal, Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) pada sepuluh Tempat Pengelolaan Pangan (TPP), serta observasi perilaku penjamah makanan, pengambilan sampel makanan, minuman, usap tangan, dan usap alat makan.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dan Puskesmas Cilacap Tengah I (Labkesmas tier 1) melakukan observasi sekaligus memberikan edukasi pada pengelola/pedagang makanan apabila ditemui aspek keamanan pangan yang tidak dipenuhi atau perilaku penjamah makanan yang tidak higienis.

Dari kegiatan ini didapatkan 10 sampel usap tangan, 10 sampel usap alat makan, 10 sampel makanan dan minuman untuk pemeriksaan E.coli, serta 22 sampel makanan untuk pemeriksaan kimia makanan (Arsen, Timbal, dan/atau bahan tambahan pangan berbahaya).