Survailen I dan Witness Akreditasi Laboratorium Kalibrasi BB Labkesmas Yogyakarta oleh Komite Akreditasi Nasional Tahun 2024


Pada tanggal 26 April 2024 telah dilakukan survailen I dan witness akreditasi Laboratorium Kalibrasi BB Labkesmas Yogyakarta oleh KAN. Acara dibuka oleh Kepala BB Labkesmas Yogyakarta dr. Darmawali Handoko, M.Epid. Dalam sambutannya disampaikan bahwa BB Labkesmas Yogyakarta berkomitmen untuk menerapkan sistem mutu laboratorium di BB Labkesmas Yogyakarta sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2017 guna menjaga kualitas hasil pengujian dan kalibrasinya, diharapkan asesmen ini dapat memberikan masukan bagi penguatan akreditasi laboratorium BB Labkesmas Yogyakarta.

Selanjutnya sambutan dan perkenalan dari Tim Asesor yang terdiri dari 3 asesor yaitu Ibu Renanta Hayu Kresiani (Asesor Kepala), Bapak Wahyu Pradana Arsitika (Asesor), dan Bapak Budhy Achadiyah (Asesor). Dalam sambutannya Ibu Renanta Hayu Kresiani menjelaskan maksud dari asesmen ini, kategori temuan, serta lama waktu tindakan perbaikan temuan. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan kunjungan laboratorium dan melakukan asesmen persyaratan manajemen dan persyaratan teknis.

Dalam acara penutupan disampaikan oleh asesor bahwa secara umum laboratorium kalibrasi BB Labkesmas Yogyakarta telah mengimplementasikan sistem mutu berdasar SNI ISO/IEC 17025 : 2017 dengan baik tetapi masih terdapat beberapa ketidaksesuaian yang akan segera ditindaklanjuti BB Labkesmas Yogyakarta.