BB LABKESMAS Yogyakarta Turun Ke Ponpes Surveilans Faktor Risiko Tb Paru di Kabupaten Tegal.jpg


Pada tanggal 30 Mei 2024, Tim BB Labkesmas Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Puskesmas Talang, dan Puskesmas Kalidawa melaksanakan kegiatan Surveilans Faktor Risiko Tb Paru di dua pondok pesantren yaitu Ponpes At Tauhidiyyah Putra Desa Pesayangan, Kecamatan Kalidawa, Kabupaten Tegal dan Ponpes At Tauhidiyyah Putri Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

Kegiatan dilakukan dengan inspeksi kesehatan lingkungan ruangan tidur, ruang belajar, mushola, dan klinik di Ponpes, pengambilan sampel lingkungan (udara serta usap lantai, dinding, dan peralatan di ruangan), serta screening Tb Paru pada 100 responden yang terdiri dari santri putra, santir putri, serta pengelola Ponpes yang menjadi kontak erat. Sampel lingkungan selanjutnya akan diperiksa parameter BTA positif di BB Labkesmas Yogyakarta.

Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis dan disusun sebagai laporan dan rekomendasi oleh Tim Kerja Surveilans Penyakit, Faktor Risiko Kesehatan, dan KLB BB Labkesmas Yogyakarta. Diharapkan hasil kegiatan dapat menunjukkan lebih spesifik faktor risiko Tb Paru di kedua Ponpes sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dan pengendalian yang lebih tepat sasaran.