Sertifikasi Petugas Sampling Udara


Dalam upaya pengembangan kemampuan pengambilan dan pemeriksaan contoh uji udara, BB Labkesmas Yogyakarta melaksanakan In House Training dan Sertifikasi BNSP Petugas Pengambil Contoh Uji Udara Berbasis Kompetensi pada tanggal 12 – 14 Juni 2024 di BB Labkesmas Yogyakarta. Peserta IHT adalah fungsional Pranata Laboratorium Kesehatan berjumlah 8 orang yang berasal dari Instalasi Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit.

Pembukaan IHT dilakukan oleh Ka.Subbag Adum BB Labkesmas Yogyakarta Ibu Dhelina Auza Utami, S.Farm., Apt, M.M. Dimana dalam pembukaannya disampaikan bahwa dengan terselenggaranya pelatihan berbasis kompetensi ini, harapannya bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri bagi petugas pengambil contoh uji udara dan membawa pelayanan di BB Labkesmas Yogyakarta menjadi lebih baik serta terstandarisasi sesuai peraturan yang berlaku.

Narasumber IHT adalah Bapak Yuda Muhamad Hardiansyah, S.Si., MM dari Lab Mania Indonesia. Materi yang diberikan terdiri dari teori, diskusi dan praktek meliputi Sistem Mutu Pengambilan Contoh Uji Udara, Pengambilan Udara Ambien dan Emisi serta Perlakuan Contoh Uji.

Pada hari terakhir IHT, dilakukan uji kompetensi petugas pengambil contoh uji udara yang dilakukan oleh LSP TELAPI (Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Laboratorium Penguji Indonesia) bekerja sama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dari IHT ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi SDM Laboratorium dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik di BB Labkesmas Yogyakarta.