BB Labkesmas Yogyakarta Sharing Pengalaman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Benchmarking dari Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) Jakarta


Rabu, 26 Juni 2024, Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) Jakarta melaksanakan benchmarking terkait pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di BB Labkesmas Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dan upaya yang dilakukan BB Labkesmas Yogyakarta sehingga mampu memperoleh WBK Nasional dan dinominasikan untuk mencapai WBBM di tahun ini. Selain itu, tim BUSKIPM juga mengumpulkan data untuk pengembangan institusi mereka dari Balai menuju Balai Besar.

Tim BUSKIPM sebanyak empat petugas dipimpin oleh Hutomo Widiatmojo, S.Far. (Ketua Tim Kerja Penerapan) bersama Dini Fajriyani, S.Pi. (Inspektur Mutu Hasil Perikanan Ahli Muda), Rino Masril (Asisten Inspektur Mutu Hasil Perikanan Mahir), dan Diah Ayu Pratiwi, S.Si. (Pengolah Data dan Informasi). Kunjungan diterima oleh Kepala BB Labkesmas Yogyakarta, dr. Darmawali Handoko, M.Epid., Apt. Dhelina Auza Utami, S.Farm., M.M. (Kasubbag Adum/ Ketua Tim ZI menuju WBK WBBM), Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes. (Kepala Tim Kerja Program Layanan/ Pokja III Tim ZI menuju WBK WBBM), Nadia Regina Martanti, S.K.M. (Perencana/Pokja IV Tim ZI menuju WBK WBBM), dan Atikah Mulyawati, S.K.M. (Sanitarian/Sekretaris Tim ZI menuju WBK WBBM).

Dalam kegiatan benchmarking tersebut dilakukan sharing tentang profil dan gambaran perjalanan pembangunan zona integritas masing-masing instansi. Di akhir kegiatan, dilakukan kunjungan ke beberapa instalasi dan laboratorium untuk melihat fasilitas laboratorium serta pelayanan di BB Labkesmas Yogyakarta.

Dengan sharing knowladge lintas kementerian ini BB Labkesmas Yogyakarta semakin mengukuhkan diri dalam penerapan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan dan memberi pengaruh kepada Instansi lain untuk semakin maju khususnya dalam hal penerapan transformasi birokrasi menuju WBK dan WBBM.