Bimtek Pengolahan Data Laboratorium Bagi Labkesmas Tier 2 dan 3 di Wilayah DIY dan Jawa Tengah


Laboratorium kesehatan masyarakat mempunyai banyak data yang terkumpul dari hasil pemeriksaan sampel, baik sampel yang diambil oleh petugas laboratorium maupun yang berasal dari masyarakat umum. Data tersebut jika diolah dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi stakeholder terkait. Mengingat pentingnya pengolahan data tersebut, maka BB Labkesmas Yogyakarta bekerjasama dengan Balai Labkesmas Banjarnegara dan Balai Labkesmas Magelang melakukan kegiatan Bimtek Pengolahan Data Laboratorium untuk Labkesmas Tier 2 dan Tier 3 di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 2 - 3 Juli 2024 secara daring.

Kegiatan bimtek hari pertama Selasa, 2 Juli 2024 dibuka oleh Kepala BB Labkesmas Yogyakarta dr. Darmawali Handoko, M.Epid dan dilanjutkan dengan penyampaian materi. Materi pertama Pengolahan/Analisis Data Pasif Kesehatan Lingkungan oleh Sukoso, S.ST., M.Sc dari BB Labkesmas Yogyakarta. Materi kedua Pengolahan Data Vektor oleh Bina Ikawati, SKM., M.Kes dari Balai Labkesmas Banjarnegara. Materi ketiga Pengolahan Data Klinis oleh Yusi Dwi Nurcahyani, SKM., M.Kes. Materi keempat Penyajian/Visualisasi Data oleh Heldhi B. Kristiyawan, SKM., M.Eng dari BB Labkesmas Yogyakarta. Kegiatan bimtek hari kedua Rabu, 3 Juli 2024 yaitu praktek pengolahan data oleh masing-masing peserta dan dipresentasikan. Hasil presentasi kemudian dilakukan evaluasi oleh pendamping kegiatan.

Harapannya setelah pelaksanaan Bimtek Pengolahan Data Laboratorium ini, peserta mampu mengolah dan menganalisis data yang dimiliki sehingga data yang ada di Labkesmas Tier 2 dan 3 dapat dimanfaatkan untuk memberikan rekomendasi pada stakeholder terkait.