Tingkatkan Kompetensi Tim, BB Labkesmas Yogyakarta Melaksanakan Kegiatan Penguatan Tim Tanggap Darurat


Rabu (10/07/2024) bertempatan Aula Srikandi Lantai 5 Gedung Administrasi BB Labkesmas Yogyakarta berlangsung pembukaan Kegiatan Penguatan Tim Tanggap Darurat. Dihadiri oleh kepala BB Labkesmas Yogyakarta yang diwakili oleh Plh Kasubbag Adum, Nadia Regina Martanti, S.K.M., dan seluruh anggota tim tanggap darurat dengan mengundang narasumber dari PMI dan Tim Damkar.

Agenda yang diinisiasi oleh Instalasi K3PLB tersebut dalam rangka memperkuat keterampilan tim tanggap darurat dalam menghadapi kondisi kedaruratan, baik bencana alam maupun kebakaran.

Pada arahan pembukaannya, Nadia menjelaskan terkait kondisi wilayah keberadaan kantor sangat berpotensi terjadinya bencana alam sehingga diperlukan kesiapan untuk menghadapi hal tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, tim tanggap darurat BB Labkesmas Yogyakarta akan semakin siap. Sebab, potensi bencana di kantor kita cukup lumayan. Kita juga pernah merasakan gempa bumi, kita juga ada gunung yang bisa meletus kapan pun dan juga potensi bencana lainnya,” harapnya. Dalam hal ini, dirinya juga mengarahkan agar seluruh tim dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga akhir.

Sebagai pengantar seluruh anggota tim mendapatkan materi pembuka tentang Emergency Respon Plan (ERP) serta gambaran umum tugas masing-masing regu dalam tim. Selanjutnya dikelompokkan menjadi enam regu yaitu, regu pemadam kebakaran, regu P3K, regu evakuasi, regu keamanan, regu komunikasi, serta regu aset dan dokumen.

Masing-masing regu berkegiatan dan berdiskusi dengan narasumber, melakukan simulasi, praktik dan menyusun rencana tindak lanjut masing. Setelahnya seluruh tim berkumpul kembali di aula Srikandi untuk merumuskan tindak lanjut bersama. Kegiatan penguatan tim ini akan ditindaklanjuti dengan penyusunan SOP dan penyiapan sarana dan prasarana serta simulasi. Kesiapan tim tanggap darurat merupakan salah satu upaya mewujudkan komitmen pada keselamatan dan keamanan seluruh pegawai serta pelanggan BB Labkesmas Yogyakarta.