Tingkatkan Kualitas Pelayanan, BB Labkesmas Yogyakarta melakukan In House Training dan Sertifikasi BNSP Petugas Pengambil Contoh Uji Air Berbasis Kompetensi


Dalam upaya pengembangan kemampuan pengambilan dan pemeriksaan contoh uji air, BB Labkesmas Yogyakarta melaksanakan _In House Training_ (IHT) dan sertifikasi BNSP petugas pengambil contoh uji air berbasis kompetensi pada tanggal 5-7 Agustus 2024 di BB Labkesmas Yogyakarta. Peserta IHT adalah fungsional Pranata Laboratorium Kesehatan berjumlah 25 orang yang berasal dari Instalasi Kesehatan Lingkungan, Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit.

Pembukaan IHT dilakukan oleh Ka. Timja Mutu, Penguatan SDM dan Kemitraan BBLabkesmas Yogyakarta Ibu Indah Nur Haeni, S.Si., MSc. Dalam pembukaan disampaikan bahwa dengan terselenggaranya pelatihan berbasis kompetensi ini harapannya bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri petugas pengambil contoh uji air, karena telah dinilai kompeten oleh lembaga sertifikasi dan membawa pelayanan di BB Labkesmas Yogyakarta menjadi lebih baik dan terstandarisasi sesuai peraturan yang berlaku.

Narasumber IHT adalah Bapak Ivan Sarifudin dari Lab Mania Indonesia. Materi yang diberikan terdiri dari teori, diskusi dan praktek meliputi menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3L), menyusun rencana pengambilan contoh uji air, melakukan persiapan pengambilan contoh uji air, melakukan uji kinerja peralatan, melakukan evaluasi hasil uji kinerja peralatan, melakukan pengambilan contoh uji air dan menyusun pelaporan contoh uji lingkungan. Pada hari terakhir IHT dilakukan uji kompetensi petugas pengambil contoh uji air yang dilakukan oleh LSP TELAPI (Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Laboratorium Penguji Indonesia) bekerja sama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dengan adanya IHT ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi SDM laboratorium dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik di BB Labkesmas Yogyakarta.