BB Labkesmas Yogyakarta Lakukan Pembukaan Audit Internal ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium Penguji dan Kalibrasi


Pada hari Senin, 12 Agustus 2024 BB Labkesmas Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pembukaan Audit Internal ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium Penguji dan Kalibrasi di Aula Srikandi Lt. 5 Gedung Administrasi BB Labkesmas Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BB Labkesmas Yogyakarta, Ketua Tim Kerja, Kepala Instalasi, beserta seluruh Auditor yang terlibat dan perwakilan Auditee.

dr. Muhammad Budi Hidayat, M.Kes selaku Kepala BB Labkesmas Yogyakarta menyampaikan bahwa laboratorium yang bagus itu harus bisa melayani seluruh permintaan pelanggan dan dapat melakukan penjaminan mutu laboratorium. Dalam melakukan hal ini diperlukan adanya audit internal dengan tujuan untuk memverifikasi bahwa kegiatan laboratorium dalam prosesnya telah memenuhi persyaratan sistem mutu dan SNI ISO/IEC 17025:2017. Selain itu, dibutuhkan adanya sebuah komitmen bersama dari semua pegawai yang ada yaitu serius, fokus, dan konsisten agar semua harapan tercapai.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis pelaksanaan audit internal 17025:2017 tahun 2024 yang disampaikan oleh Evi Asmilaningsih, S.Si. Pelaksanaan audit internal diagendakan mulai tanggal 12 – 30 Agustus 2024 dengan metode pengecekan dokumen, observasi, wawancara dan praktik sesuai kebutuhan. Hasil dari audit internal kemudian dimasukkan kedalam formulir temuan ketidaksesuaian yang kemudian ditindak lanjuti dengan tindakan perbaikan.

Harapannya seluruh proses kegiatan di laboratorium sudah sesuai dengan persyaratan sistem mutu dan BB Labkesmas Yogyakarta siap untuk melakukan audit eksternal tahun 2024.