Sukseskan Transformasi Layanan Primer, Kepala BB Labkesmas Yogyakarta Launching Integrasi Layanan Kesehatan Primer di Pacitan


Kepala BB Labkesmas Yogyakarta, dr. Muhammad Budi Hidayat, M.Kes, menghadiri launching Integrasi Layanan Primer (ILP) yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, di Pantai Pancer Door, Baleharjo, Pacitan, Jawa Timur, Senin 12 Agustus 2024 Pukul 20.00 WIB.

Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, dr. Daru Mustikoaji, bahwa launching ILP, dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama pada penguatan pelayanan kesehatan dasar dengan mendorong upaya promotif dan preventif, dan penguatan pilar pertama dari transformasi kesehatan yang memiliki tiga fokus, yaitu siklus hidup, mendekatkan layanan kesehatan serta memperkuat pemantauan wilayah setempat melalui digitalisasi dengan dashboard situasi kesehatan di wilayah desa.

Selanjutnya, ILP bertujuan untuk memahamkan ILP di layanan kesehatan secara edukasi, advokasi dan koordinasi. Target Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer yang ingin dicapai adalah : 49 % puskesmas dan 100% Posyandu center of excellent melaksanakan ILP.

Dalam sambutannya, mewakili Kementerian Kesehatan, Kepala BB Labkesmas Yogyakarta menyampaikan bahwa kabupaten/kota di Indonesia berjumlah lebih dari 530. Untuk memperhatikan 530 kabupaten/kota bukan pekerjaan yang mudah. Akan lebih mudah memperhatikan kabupaten yang aktif dalam pelaksanaan program dari kemenkes.