Malam Penghargaan Publikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Tahun 2019


Kementerian Kesehatan menggelar Acara Malam Penghargaan Publikasi dan Pelayanan Publik di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2019. Dalam kegiatan itu, Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) Yogyakarta sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) Ditjen P2P yang berkedudukan di Yogyakarta dengan 2 (dua) wilayah layanan yaitu Provinsi DIY dan Jawa Tengah meraih 4 (empat) Penghargaan yang langsung diterima oleh Kepala BBTKL PP Yogyakarta, DR. dr. Irene, MKM, yaitu:
1. Juara 1 Kompetisi Penilaian Kepatuhan PPID Satker dan UPT
2. Juara 2 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, Kolaborasi Dalam Kegiatan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Monster Da Ruwat RS (Mikro Organisma Nosokomial Sterilisator Udara Ruang Perawatan Rumah Sakit)
3. Juara 3 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, Kolaborasi Dalam Kegiatan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Steam Asraji (Sterilisasi Alat Makan di Asrama Haji)
4. Juara Harapan I Kompetesi Inovasi Pelayanan Publik Inklusif Untuk Memajukan Kesejahteraan Masyarakat, Desa Secodi (Desinfeksi Air Sederhana Berupa Clorin Difuser)


Acara ini merupakan kedua kalinya digelar oleh Kemenkes, hadir dalam kesempatan ini Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M(K), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin, M.Si, Sekjen Kemenkominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si, Ketua Ombudsman Prof. Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D, Ketua Komisi Informasi Pusat Drs. Gede Narayana, M.Si, Kepala Perpusnas Drs Muh. Syarif Bando, MM, Deputy Bidang Pelayanan Publik Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. serta para pimpinan madya dan pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan.


Ketua Ketua Komisi Informasi Pusat Drs. Gede Narayana, M.Si, secara dangsung menyerahkan penghargaan untuk kategori Kompetisi Penilaian Kepatuhan PPID Satker dan UPT, dimana BBTKL PP Yogyakarta menjadi pemuncak pada kategori ini.


MenPANRB Drs. Syafruddin, M.Si, menyerahkan penghargaan kategori Tata Kelola Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Efektif, Efisien, dan Berkinerja Tinggi dimana BBTKL PP Yogyakarta mendapatkan 3 (tiga) penghargaan dari 12 penghargaan di kategori ini, beliau mengapresiasi para pemenang pada kategori tata kelola pelayanan publik. Menurutnya, semangat memberikan inovasi pada bidang pelayanan publik meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Indonesia menjuarai ajang United Nations of Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan oleh PBB dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2017 dan 2018.

Dalam kesempatan itu, Menkes mengatakan media massa memiliki kekuatan besar dalam kehidupan masyarakat. Di era yang serba digital saat ini, kekuatan media jadi semakin menonjol.


Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi berharap terselenggaranya acara ini membuat semakin luas informasi yang didapat masyarakat. Kemudian juga makin meningkatkan perilaku masyarakat untuk hidup sehat. Lomba dilaksanakan secara terbuka dan dinilai oleh juri independen selain dari pemilik program. Perbaikan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu agenda prioritas Kemenkes. Inovasi pelayanan publik bagi unit pelaksana teknis di lingkungan Kemenkes sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan fungsi ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tugas aparatur sipil negara (ASN) untuk menjalankan pelayanan publik. Inovasi diperlukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan.