Pengembangan Fasyankes Sentinel Kegiatan S3D (Sistem Surveilans Sentinel Dengue) di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta


Dalam rangka pengembangan fasyankes sentinel kegiatan S3D (Sistem Surveilans Sentinel Dengue) di Kabupaten Gunungkidul, dilaksanakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul pada hari Senin, 30 Agustus 2021 oleh tim BBTKLPP Yogyakarta yang terdiri dari Koordinator Substansi Surveilans Epidemiologi (dr. Yohanna Gita Chandra, M.S.), serta JFU Epidemiolog (dr. Nur Subagyo, H.S. dan Restu Wiratni, A.Md.K.L.). Tim diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul (dr. Dewi Irawaty, M.Kes.), Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (dr. Sumitro, M.Sc.), dan Kepala Seksi P2P (dr. Diah Prasetyorini, M.Sc.). Dalam pertemuan tersebut disampaikan evaluasi pelaksanaan kegiatan S3D di Kabupaten Gunungkidul dan rencana pengembangan fasyankes sentinel. Selanjutnya disepakati akan ditambah dua Puskesmas sebagai sentinel S3D.

Pertemuan tersebut ditindaklanjuti dengan pertemuan OJT (on the job training) tentang teknis manajemen sampel S3D pada tanggal 13 September 2021 di dua puskesmas, yaitu: Puskesmas Patuk I dan Puskesmas Saptosari. OJT dilaksanakan oleh petugas BBTKLPP Yogyakarta, yaitu: dr. Yohanna Gita Chandra, M.S., dr. Ratna Wijayanti, M.P.H., Indaryati, S.ST., dan Septi Supriyatin, A.Md.K.L., dengan didampingi petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul.