Pengembangan Fasyankes Sentinel Kegiatan S3D (Sistem Surveilans Sentinel Dengue) di Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah


Dalam rangka pengembangan fasyankes sentinel kegiatan S3D (Sistem Surveilans Sentinel Dengue) di Kabupaten Grobogan, dilaksanakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan pada hari Rabu, 1 September 2021 oleh tim BBTKLPP Yogyakarta yang terdiri dari DR. dr. Irene, M.K.M., dr. Yohanna Gita Chandra, M.S., dan dr. Ratna Wijayanti, M.P.H. Tim diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan (dr. Slamet Widodo), serta Plt. Kepala Seksi P2 merangkap pemegang program DBD (Gunawan Cahyo Utomo, M.P.H.). Dalam pertemuan tersebut disampaikan evaluasi pelaksanaan kegiatan S3D di Kabupaten Grobogan dan rencana pengembangan fasyankes sentinel, dan disepakati akan ditambah tiga rumah sakit sebagai sentinel S3D.

Pertemuan tersebut ditindaklanjuti dengan pertemuan OJT (on the job training) tentang teknis manajemen sampel S3D pada tanggal 8-9 September 2021 di tiga rumah sakit, yaitu: RS PKU Muhammadiyah Gubug, RS Panti Rahayu, dan RS Permata Bunda Purwodadi. OJT dilaksanakan oleh petugas BBTKLPP Yogyakarta, yaitu: dr. Ratna Wijayanti, M.P.H., Tarsini A.Md., dan Rahmawati Wahyu Utami, A.Md., dengan didampingi petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.