Rapat Koordinasi Daerah Evaluasi Penyerapan Anggaran Satuan Kerja K/L Semester I Tahun 2021 Untuk Mengoptimalkan Penyerapan Anggaran Semester II Tahun 2021


Pada tanggal 27 September 2021 BBTKLPP Yogyakarta yang diwakili oleh Sdr Nadia Regina M sebagai Fungsioanal Perencana ikut berpartisipasi menghadiri Rapat Koordinasi Daerah “Evaluasi Penyerapan Anggaran Satuan Kerja K/L Semester I Tahun 2021 Untuk Mengoptimalkan Penyerapan Anggaran Semester II Tahun 2021” yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY dengan menugaskan satu orang Perencana untuk mengikuti pertemuan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan di University Hotel, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta ini fokus pada pembahasan berbagai permasalahan dan hambatan Satker khususnya dalam memenuhi target realisasi anggaran dan keseluruhan nilai IKPA pada umumnya.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kanwil DJPb Provinsi DIY Bapak Sahat M.T. Panggabean. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan isu-isu terkait pelaksanaan anggaran termasuk penggunaan Aplikasi SAKTI All modul yang sedang dalam proses pemerataan serta kondisi-kondisi yang berkontribusi pada nilai IKPA. Dalam sambutannya beliau juga menyelipkan harapan dan dorongan kepada Satker di lingkup Kanwil DJPb Provinsi DIY untuk dapat mengupayakan realisasi anggaran sebesar 70% di akhir semester III ini, dan minimal 90 % di akhir tahun dengan tidak mengabaikan Akuntabilitas kinerja dan pelaporan. Dalam forum tersebut diharapkan Satker dapat menyampaikan berbagai permasalahan dalam pelaksanaan anggaran untuk bisa dibahas bersama penyelesaiaannya sehingga di triwulan akhir bisa memicu peningkatan realisasi anggaran, kinerja dan IKPA.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Materi oleh Kepala Bidang PPA I Bapak Hendro, dengan Ibu Mardiyah sebagai moderator. Materi yang disampaikan diawali dengan manfaat hasil monev pelaksanaan anggaran yang di antaranya sebagai bentuk evaluasi kinerja, pengendalian belanja Negara dan peningkatan efisiensi anggaran belanja Negara. Materi dilanjutkan dengan langkah-langkah strategis yang perlu diambil untuk pengoptimalan nilai IKPA pada masing-masing indikator penilaian yang kemudian disusul dengan sesi tanya jawab.

Sesi diskusi dan Tanya jawab berlangsung sangat interaktif dipandu oleh Ibu Mardiyah dan Ibu Tari. Perwakilan Satker menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi terkait pelaksanaan anggaran. Dari banyaknya kendala yang dialami Satker dalam pelaksanaan anggaran dan pencapaian nilai IKPA, sebagian besar berkutat pada terhambatnya kegiatan-kegiatan luring karena Pandemi Covid-19 sehingga memperlambat serapan anggaran, banyaknya revisi efisiensi tingkat DJA yang membutuhkan waktu lama sehingga revisi perbaikan halaman III DIPA terlewat deadline dan berbagai kegiatan penanganan Covid-19 yang unpredictable sehingga berpengaruh pada konsistensi RPD halaman III DIPA. Berbagai permasalahan Satker tersebut kemudian diberikan penjelasan kemungkinan-kemungkinan penyelesaiaannya serta langkah yang bisa dan tidak bisa dilakukan untuk pengoptimalan sampai dengan akhir tahun 2021

Salam Sehat