Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Aparatur Sipil Negara (SKD CASN) Tahun 2021 Kementerian Kesehatan dengan Metode CAT BKN


Seleksi kompetensi dasar dengan metode CASN Kementerian Kesehatan telah dilaksanakan sepanjang 5 hari dari Kamis sampai Senin tanggal 23-27 September 2021 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta. Kepanitiaan kegiatan ini dilaksanakan oleh tim gabungan instansi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Kesehatan. Masuk dalam kepanitiaan BBTKLPP Yogyakarta bersama RSUP Dr. Sardjito, Poltekes Yogyakarta dan KKP Yogyakarta berkolaborasi dengan Tim Pusat Biro Kepegawaian Kemenkes juga BKN.

Petugas BBTKLPP Yogyakarta yang dikawal langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.dr.Irene,MKM bersama jajaran pendukungnya Sayekti Udi Utama,SKM,M.Kes, Dhelina Auza Utami,S.Farm,Apt, Ika Martiningsih, S.Pd, Murjiman dan Ardhiles.

Pelaksanaan seleksi berlangsung selama 5 hari dengan peserta yang mendaftar sebanyak 3.479 peserta ini sampai dengan akhir sesi sukses dihadiri oleh 3.234 peserta, sedang 245 peserta dinyatakan tidak hadir.

Proses pelaksanaan Seleksi SKD berjalan lancar, tertib dan ketat dengan protokol kesehatan. Tahapan proses dilalui dari pengecekan suhu tubuh, cek hasil swab PCR/antigen, membasuh tangan, untuk bisa melanjutkan ke tahap praregistrasi peserta. Bagi peserta juga disiapkan penitipan barang yang aman, melewati filter metal detektor sampai dengan peserta dapat melakukan verifikasi wajah dan PIN untuk bisa melanjutkan ke ruang steril dan siap masuk ke ruang ujian SKD berbasis CAT.

Petugas swab dan ruangan isolasi bagi suhu tinggi dan terfilter terinfeksi Covid19 juga menjadi prioritas disiapkan oleh panitia. BBTKLPP Yogyakarta bersama Poltekkes Yogyakarta menurunkan petugas swabernya utk melakukan swab kepada peserta dengan kondisi tertentu dan kepada petugas dalam rangka skrining dan evaluasi paska penyelenggaraan kegiatan. Dari hasil swab antigen yang dilakukan selama penyelenggaraan seluruhnya dinyatakan negative Covid19.

Kegiatan pelaksanaan SKD secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan sukses. Berharap peserta yang lolos adalah peserta terbaik yang dapat memberikan kemajuan untuk Kementerian Kesehatan.

Salam Sehat