Pendampingan Laboratorium di Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Bantul


Pada tanggal 28 September 2021, Tim BBTKLPP Yogyakarta yaitu Anjas Wulansari dan Dina Juli Retnaningsih, berkunjung ke Labkesda Kabupaten Bantul untuk melakukan pendampingan laboratorium. Dalam kegiatan ini diikuti oleh Kepala Labkesda dr. F. Sita Murti, M.Sc. dan beberapa analis laboratorium. Tim memberikan materi dan berdiskusi terkait materi Persiapan Akreditasi Laboratorium sesuai SNI ISO/IEC 17025:2017 dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium.

Materi Akreditasi Laboratorium meliputi manfaat akreditasi, garis besar proses akreditasi, persyaratan yang harus dipenuhi, beberapa langkah untuk pengajuan akreditasi, dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan dan biaya yang harus disiapkan dalam pengajuan akreditasi sesuai dengan tarif yang berlaku. Pemberian materi K3 diawali dengan pemaparan materi terkait syarat dan kelengkapan K3 laboratorium.

Setelah penyampaian materi bersama-sama dilakukan peninjauan lokasi laboratorium dan sarana prasarana penunjang K3 yang telah tersedia, antara lain APAR, P3K, APD, IPAL, dan pengelolaan B3.

Sepanjang pemberian materi dan peninjauan lokasi dilakukan diskusi dan disampaikan masukan dan saran, utamanya untuk persiapan pembangunan gedung laboratorium lingkungan dan klinis Labkesda Kabupaten Bantul yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2022.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Labkesda Kabupaten Bantul dan nantinya dapat menjadi laboratorium yang terakreditasi berdasarkan SNI ISO/IEC 17025 : 2017.