BBTKLPP Yogyakarta Mengikuti Koordinasi Lintas Program/Lintas Sektor Pengelolaan Limbah Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta


Pada hari Kamis tanggal 30 September 2021 bertempat di Aula C Dinas Kesehatan DIY, dilaksanakan pertemuan dalam rangka Koordinasi LP/LS Pengelolaan limbah COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Turut diundang dalam pertemuan ini BBTKLPP Yogyakarta, Balai Besar POM Yogyakarta, Poltekes Yogyakarta, DLHK DIY, Bidang Dokkes Polda DIY, Dandenkesyah 04.04.02 Yogyakarta, BLKK DIY, PMI DIY, BPBD DIY, DInas Sosial DIY, BPKA DIY, ARSSI DIY, ARSADA DIY, IAKMI DIY, IBI DIY, HAKLI DIY, PAEI DIY, Aisyiyah DIY, Fatayat DIY, Forum Lurah DIY, dan MCCC DIY. Pada kesempatan ini BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Feri Astuti, Anjas Wulansari dan Yulianta.

Pertemuan koordinasi ini merupakan pertemuan awal yang dilaksanakan Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 untuk mengumpulkan bahan guna merumuskan pengelolaan limbah COVID-19 dengan pihak-pihak terkait dan melaporkan secara berkala permasalahan dan capaian bidang penanganan kesehatan.

Dua narasumber dalam pertemuan ini adalah dr. Arrus Ferry, M.P.H. Ketua ARSSI Cabang Yogyakarta yang menyampaikan permasalahan pengelolaan limbah COVID-19 di Fasyankes DIY. Narasumber kedua Eni Yuniarti, S.T., M.Eng Kepala Seksi Persampahan dan Limbah B3 DLHK DIY yang menyampaikan permasalahan pengelolaan limbah COVID-19 di Fasyankes DIY dengan moderator Dr. Ir. Sarto, M.Sc dari Fakultas Teknik Kimia UGM.

Setelah pemaparan, tanya jawab dan diskusi dan mendengarkan penyampaian berbagai sumbang saran dari instansi terkait, akan disusun sebagai sebagai bahan masukan bagi perumusan regulasi dan kebijakan untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana, pembagian peran dan tanggungjawab serta system pencatatan pelaporan yang mendukung bagi pengelolaan limbah COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta.