Pendampingan Laboratorium Di UPT Labkes Dinkes Kabupaten Karanganyar


Pada tanggal 30 September -1 Oktober 2021, Tim BBTKLPP Yogyakarta yaitu Ika Purwanti dan Erna Yunita melakukan pendampingan laboratorium di UPT Labkes Dinkes Kabupaten Karanganyar. Dalam kegiatan ini diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Karanganyar Purwati, SKM, M.Kes dan Kepala UPT Labkes Dinkes Kabupaten Karanganyar, Diah Ariani, SKM , M.Kes. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staf baik dari pelayanan, Laboratorium Kimia dan Laboratorium Mikrobiologi.

Tim melakukan sosialisasi uji banding yang diselenggarakan BBTKLPP Yogyakarta pada tahun 2021, serta memberikan materi tentang : Pengujian Coliform dan E. coli dalam air bersih dan air minum dengan metode membran filter; Cara pengambilan sampel limbah biologi dan kimia. Uji banding yang diselenggrakan BBTKLPP Yogyakarta meliputi parameter Fe, Mn, Nitrat dan Nitrit, dimana semua parameter yang diikuti Labkes Dinkes Kabupaten Karanganyar hasilnya pada kategori memuaskan, untuk itu agar dipertahankan dan ditingkatkan.

Materi pengujian air bersih dan air minum dengan membran filter yang diberikan meliputi pembuatan media chrom agar, pengoperasian unit filtrasi sampai dengan pembacaan hasil. Sedangkan materi pengambilan sampel air meliputi persiapan pengambilan sampel, kalibrasi peralatan yg digunakan untuk pemeriksaan di lapangan, langkah-langkah pengambilan sampel, dan pengendalian mutu pengambilannya.

Dari kegiatan ini diharapkan UPT Labkes Dinkes Kabupaten Karanganyar bisa menambah pelayanan pengujian air bersih dan air minum dengan membran filter dan dapat mengimplementasikan tata cara pengambilan sampel yang benar dan representatif.