Sosialisasi Petunjuk Perencanaan (Jukren) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) TA 2022


Pada tanggal 4 Oktober 2021 BBTKLPP Yogyakarta yang diwakili oleh Tim Program dan laporan serta Koordinator dan perwakilan masing-masing Substansi ikut berpartisipasi menghadiri “Sosialisasi Jukren Direktorat Jenderal P2P TA 2022” yang diselenggarakan oleh Ditjen P2P melalui Substansi Program dan Informasi. Kegiatan yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting ini mensosialisasikan Petunjuk Perencanaan TA 2022 sebagai acuan dalam penyusunan dan pengusulan RKAKL khususnya untuk Pagu Alokasi Anggaran TA 2022. Acara dimoderatori oleh Sub Koordinator Anggaran Ibu Sherly Hinelo, SKM, MKes.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh dr. Elvieda Sariwati, M.Epid Koordinator Program dan Informasi Ditjen P2P. Beliau membuka sambutan dengan penyampaian kemungkinan waktu turunnya Pagu alokasi anggaran dari DJA kemudian akan dilanjutkan pendistribusian pagu satker dari unit utama yang direncanakan akan terbit dalam minggu ini atau paling lambat awal minggu depan. Terkait dengan Jukren itu sendiri Beliau menyampaikan bahwa Jukren sebelumnya sudah pernah disosialisasikan saat Pagu Anggaran tetapi perlu sosialisasi kembali karena adanya berbagai perubahan kebijakan dan arahan dari pimpinan. Beliau menghimbau setelah Jukren disosialisasikan Satker agar segera bersiap mengupdate usulan dengan estimasi pagu yang tidak jauh berbeda dengan distribusi pagu sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi Petunjuk Perencanaan oleh Bapak Tri Susanto, SKM, MSc,PH Sub Koordinator Program Ditjen P2P. Materi yang disampaikan diawali dengan penyampaian sekilas terkait latar belakang, dasar hukum, tujuan, sistematika, ruang lingkup program dan mekanisme penyusunan RKA KL., kemudian masuk lebih detil kepada penjelasan ketentuan umum penyusunan dan perencanaan dan penganggaran TA 2022. Pemaparan terkait ketentuan khusus dilanjutkan oleh Bapak Nugroho staf Sub Substansi Program. Ketentuan khusus yang disampaikan terkait Belanja 001, tenaga non ASN, Kegiatan yang memerlukan koordinasi/rekomendasi dari Satker lain, Pemenuhan belanja modal, pengendalian perjalanan dinas, anggaran pertemuan daring dan luring, serta anggaran aplikasi meeting. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab melalui live audio maupun chat zoom yang langsung diberi jawaban oleh Bapak Nugroho.

Setelah Ishoma acara berlanjut dengan sesi pemaparan menu-menu kegiatan dari masing-masing Direktorat Ditjen P2P oleh perwakilan masing-masing dan berlanjut kembali ke Bapak Nugroho memaparkan menu-menu Program Dukungan Manajemen yang juga menjadi materi terakhir pada pertemuan kali ini.

Dari hasil sosialisasi banyak menu-menu yang terjadi perubahan baik pada kode dan pemecahan Rincian Output penyesuaian redesign anggaran sampai pada menu-menu tambahan kegiatan yang harus diambil dimana terhadap perubahan tersebut Satker dihimbau untuk segera memperbaiki baik secara penginputan ke dalam Aplikasi maupun penyiapan seluruh data dukung.

Salam Sehat