Survei Perilaku dan Konfirmasi Vektor DBD di Kota Semarang


Dalam rangka mendukung upaya pengendalian penyakit DBD di wilayah kerja, BBTKLPP Yogyakarta melakukan kegiatan Survei perilaku dan konfirmasi vektor DBD di Kota Semarang Pada tanggal 2-4 Oktober 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi perilaku vektor DBD dalam memilih tempat berkembang biak, beristirahat, mencari makan dan jam aktif serta indeks entomologi. Selain itu akan dilakukan pemeriksaan virus Dengue pada sampel larva dan nyamuk yang diperoleh untuk memastikan apakah telah terjadi transovarial virus Dengue pada vektor DBD di lokasi kegiatan.

Kegiatan, yang berlokasi di Kelurahan Sendangmulyo Kecamatan tembalang Kota Semarang, dilaksanakan oleh Tim yang terdiri dari petugas BBTKLPP Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kota Semarang, Puskesmas Kedungmundu, serta Kader Kelurahan Sendangmulyo Kecamatan Tembalang.

Kegiatan diawali dengan briefing kepada tim yang akan melaksanakan survei jentik dan penangkapan nyamuk dewasa di ruang pertemuan Puskesmas Kedungmundu. Dalam briefing dijelaskan mengenai teknis pelaksanaan survei jentik dan penangkapan nyamuk serta cara pengisian instrument yang digunakan untuk mencatat hasil survei.

Selanjutnya tim dibagi menjadi 8 kelompok dimana masing-masing kelompok melakukan survei jentik dan penangkapan nyamuk dengan mendatangi rumah-rumah yang ada di lokasi kegiatan. Target survei yaitu 100 rumah untuk survei jentik dan 80 rumah untuk penangkapan nyamuk dewasa.

Survei jentik berhasil dilakukan pada 107 rumah penduduk, hasilnya menunjukkan 26 diantaranya positif jentik Aedes sp. (24%). Penangkapan nyamuk dilakukan di 81 rumah, hasilnya yaitu diperolehnya sampel nyamuk Aedes sp. dari 32 rumah (40%). Selanjutnya sampel jentik dan nyamuk yang diperoleh akan diperiksa untuk mengetahui keberadaan virus Dengue di laboratorium virologi BBTKLPP Yogyakarta.