Pendampingan Laboratorium dI UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Wonosobo


Pada tanggal 5-6 Oktober 2021, Tim BBTKLPP Yogyakarta dengan personil Kristina Eri Faryanti dan Yuli Astantin, berkunjung ke UPTD Labkesda Kab. Wonosobo untuk melakukan pendampingan laboratorium. egiatan ini diikuti oleh Kepala UPTD Labkesda Kab. Wonosobo Sumarwati, SKM; Kepala TU Samilah, Amd; 3 analis laboratorium; 1 analis farmasi dan 2 sanitarian. Tim memberikan materi, diskusi, melakukan praktek tentang : Pengambilan Contoh Uji Usap; Pengujian Angka Lempeng Total pada Sampel Usap; Pengambilan dan Pengujian Contoh Uji Udara Ruang dengan Menggunakan Alat MAS-100 NT; Pengujian dan Pengendalian Mutu pH, suhu, DHL, TDS dan Salinitas. Tim membimbing praktek cara pengambilan contoh usap peralatan , usap lantai, usap meja dilanjutkan dengan cara pengujian angka lempeng total, kemudian melakukan pembacaan hasil dengan cara menghitung jumlah koloni dan dilanjutkan perhitungan hasil angka lempeng total. Tim juga membimbing cara mengoperasikan alat MAS-100 NT, cara pengambilan dan pengujian angka lempeng total udara ruang dengan menggunakan alat MAS-100 NT. Sebelum melakukan pengambilan diawali dengan penentuan titik sampling /titik pengambilan, penyiapan media kemudian dilanjutkan untuk pengujian contoh uji dan pembacaan hasil dengan menghitung jumlah koloni serta mengorelasikan pada tabel Feller Conversion Table For Sampling Head with 300 Holes.

Tim juga membimbing cara pengoperasian alat, kalibrasi alat, perawatan alat, dan pengujian parameter pH, suhu, DHL, TDS, salinitas beserta pengendalian mutu pengendalian mutunya.

Diskusi, masukan dan saran disampaikan sepanjang praktek pengujian. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas UPTD Labkesda Kabupaten Wonosobo dan nantinya dapat menjadi laboratorium yang terakreditasi berdasarkan SNI ISO/IEC 17025 : 2017.