Pertemuan Pembahasan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah tentang Kerjasama Urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, serta Perjanjian Kerjasama Bidang Kesehatan antara Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah


Dalam rangka mendukung terwujudnya keterpaduan dan sinkronisasi penanganan penyakit-penyakit prioritas nasional pada dua provinsi berbatasan yang menjadi wilayah layanan tugas BBTKLPP Yogyakarta, yakni Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya antara pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Kulon Progo, Magelang, dan Purworejo, maka BBTKLPP Yogyakarta melakukan berbagai upaya fasilitasi, salah satunya adalah fasilitasi pertemuan koordinasi untuk mewujudkan adanya dokumen Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah tentang Kerjasama Urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan, serta perjanjian kerjasama bidang kesehatan antara Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo dengan Dinas Kesehatan Kab. Purworejo.

Pertemuan koordinasi antara dua kabupaten berbatasan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 bertempat di Ruang VIP Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo Jl. Proklamasi No.2, Plaosan, Purworejo, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo. Tujuan pertemuan koordinasi adalah membahas Draf Kesepakatan Bersama antar dua Pemda Kabupaten dan Perjanjian Kerjasama Bidang Kesehatan antar dinas kesehatan dua kabupaten yang telah disusun oleh tim penyusun dari Pemda Kabupaten Kulon Progo didampingi BBTKLPP Yogyakarta. Pertemuan dihadiri Tim BBTKLPP Yogyakarta, Tim Pemda Kabupaten Kulon Progo, dan Tim Pemda Kabupaten Purworejo. Tim BBTKLPP Yogyakarta, terdiri dari Dr. dr. Irene, M.K.M. (Kepala BBTKLPP Yogyakarta), dr. Yohanna Gita Chandra, M.S. (Koordinator Substansi Surveilans Epidemiologi), Heni Amikawati, S.K.M. (Sub Koordinator Substansi Advokasi dan KLB), Dr. Andiyatu, S.K.M., M.Si. (Entomolog Kesehatan Ahli Madya), dan dr. Ratna Wijayanti, M.P.H. (Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda). Sedangkan Tim dari Pemda Kulon Progo terdiri dari Drs. Djasil Anwar (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kulon Progo), Drs. Duana Heru (Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kulon Progo), drg. Theodola Baning Rahayujati, M. Kes. (Sekretaris Dinas Kesehatan), dr. Rina Nuryati, M.P.H. (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit), Agus Sudarmadi, SST., M. PSSp. (Kepala Subbag Pendidikan dan Kesehatan Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan), Rita Dyah Ajeng Esti, SIP. (Kepala Subbag Pengembangan Pemerintah Daerah dan Otonomi Desa Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah), Arief Musthofa, S.Si., M. Epid. (Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular) dan Fitriyati, AMKL (Pengelola Pemberantasan Penyakit Menular Langsung pada Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit). Kedatangan tim BBTKLPP Yogyakarta bersama tim Pemda Kulon Progo disambut oleh Asisten I Setda Kabupaten Purworejo, Drs. Bambang Susilo, dr. Sudarmi (Kepala Dinas Kesehatan), dr. Budi Susanti (Kepala Bidang P2P DKK Purworejo), dan jajaran Pemda Kabupaten Purworejo antara lain Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bagian Perekonomian, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Pembangunan, Kepala Bagian Hukum dan dari PU.

Acara pertemuan diawali dengan Ucapan Selamat Datang dari Drs. Bambang Susilo, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Kulon Progo Bapak Drs. Djasil Anwar, menyampaikan tentang maksud kedatangan Tim Kulon Progo yaitu selain silaturahmi juga menyambung budaya serta mendiskusikan persoalan yang dapat diatasi bersama, serta rencana pembuatan MOU di bidang Kesehatan dan bidang lainnya. Selanjutnya pemaparan situasi malaria di Kabupaten Kulon Progo oleh drg. Baning Rahayujati dilanjutkan dengan sepatah kata dari Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. Acara selanjutnya adalah pemaparan dan pembahasan draf Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah tentang Kerjasama Urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan oleh seluruh peserta dipimpin oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Purworejo. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Perjanjian Kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo yang dipimpin oleh drg. Baning Rahyujati beserta dr. Sudarmi. Pada acara diskusi telah diperoleh berbagai masukan dari peserta pertemuan untuk penyempurnaan draf dan dalam waktu dekat (akhir bulan Oktober) dokumen akan dimintakan tanda tangan Bupati.