Rapat Pembahasan Asesmen Arsitektur Infrastruktur Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Linkungan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P)


(Bantul, 19 Oktober 2021) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Hal ini seperti yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. SPBE ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dalam rangka mewujudkan SPBE, Kementerian Kesehatan berupaya menyediakan SIK dimana salah satunya dengan mewujudkan program Satu Data Kesehatan (SDK) yang merupakan bagian dari program Satu Data Indonesia (SDI). Oleh karena itu pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 telah dilaksanakan rapat daring melalui zoom meeting pembahasan assesment arsitektur infrastruktur SIK di Lingkungan Ditjen P2P, Kementerian Kesehatan. Acara diikuti oleh seluruh unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan Ditjen P2P baik pusat maupun daerah. Dari satker Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta diwakili oleh JFT Pranata Komputer Muda, Mardiansyah, S.Kom, M.P.H. dan JFT Analis Kepegawaian Muda, Christina Handayani, SH.

Acara dilaksanakan dengan paparan materi dari tim Pusat Data dan Informasi berupa demo pengisian form assesmen sebagai pedoman dalam pengembangan SPBE di Kementerian Kesehatan, khususnya di lingkungan sakter Ditjen P2P. Form assesmen terdiri dari form proses bisnis, sistem aplikasi, teknologi jaringan dan teknologi keamanan. Form proses bisnis diisi mengacu pada Kementerian Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/10882/2020 tentang Peta Proses Bisnis Kementerian Kesehatan. Peta proses bisnis dituangkan dalam pendekatan SIPOC yaitu Supplier, Input, Process, Output dan Customer. Form diisi dengan penjelasan detail terhadap aplikasi yang sudah tersedia dan digunakan pada setiap satker yang meliputi deskripsi, profil teknis, statistik penggunaan, data flow diagram dan daftar lampiran penggunaan. Form teknologi jaringan diisi dengan identifikasi kondisi infrastruktur jaringan yang meliputi core module, server farm, campus, internet edge dan WAN edge. Form teknologi jaringan diisi dengan identifikasi keamanan jaringan yang meliputi identity and access, application and process, data and information, endpoint security, network and communication, physical & environmental dan operational security.

Diharapkan secara bertahap SPBE di Kementerian Kesehatan semakin maju dan handal.

Salam sehat