Pertemuan Teknis Pembahasan Draf Perjanjian Kerjasama Bidang Kesehatan Antara Dinas Kesehatan Kulon Progo Dengan Dinas Kesehatan Magelang Dan Dinas Kesehatan Purworejo


Dalam rangka mewujudkan adanya dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) Bidang Kesehatan antar tiga pemerintah daerah (pemda) dari kabupaten berbatasan di kawasan Bukit Menoreh, khususnya antara Dinas Kesehatan Kulon Progo, Dinas Kesehatan Magelang, dan Dinas Kesehatan Purworejo maka pada tanggal 18 Oktober 2021 dilaksanakan pertemuan teknis untuk finalisasi draft PKS. Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari dua pertemuan sebelumnya, yakni pertemuan pertama antara Pemda Kab. Kulon Progo dengan Pemda Kab. Magelang yang berlangsung tanggal 11 Oktober 2021 di Kabupaten Magelang, dan pertemuan kedua antara Pemda Kab. Kulon Progo dengan Pemda Kab. Purworejo pada tanggal 13 Oktober 2021 di Kabupaten Purworejo.

Pertemuan kali ini dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo, bertempat di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Sentolo dengan jumlah undangan 25 orang. Dalam pertemuan ini hadir perwakilan dari tiga pemda, yakni dari Kab. Kulon Progo, Kab. Magelang dan Kab. Purworejo, ditambah perwakilan dari BBTKLPP Yogyakarta. Peserta dari masing-masing kabupaten terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan (Bidang P2 dan Bidang Pelayanan Kesehatan) serta perwakilan dari Kantor Pemerintah Daerah, khususnya dari Bagian Hukum dan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pemda setempat. Sementara dari BBTKLPP Yogyakarta, personilnya terdiri dari Koordinator Substansi Surveilans Epidemiologi-SE (dr. Yohanna Gita Chandra, M.S.), Sub Koordinator Sub Substansi Advokasi dan KLB (Heni Amikawati, S.K.M.), pejabat fungsional teknis Epidemiolog Kesehatan (dr. Ratna Wijayanti, M.P.H.), dan pejabat fungsional Entomolog Kesehatan (Dr. Andiyatu, S.K.M., M.Si.).

Kegiatan pertemuan diawali sambutan singkat dari BBTKLPP Yogyakarta, diwakili dr. Yohanna Gita Chandra, M.S. Pada kesempatan itu disampaikan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, baik yang dilaksanakan di Kab. Magelang maupun yang terakhir dilaksanakan di Kab. Purworejo. Diharapkan bahwa dari pertemuan ini dihasilkan draft final sehingga dokumen PKS Bidang Kesehatan secepatnya bisa terwujud. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi draf naskah PKS oleh Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo, yang diselingi dengan diskusi dan pemberian masukan atas draf yang ada dari semua peserta pertemuan. Dari hasil diskusi diperoleh beberapa masukan dalam rangka perbaikan draft PKS. Sebagai rencana tindak lanjut maka draf naskah PKS ini akan dicermati sekali lagi oleh masing-masing pihak untuk perbaikan tata naskah. Selanjutnya diputuskan akan dilaksanakan pertemuan pada tanggal 25 Oktober 2021 dengan agenda penandatangan dokumen PKS bertempat di Kantor Pemda Kab. Kulon Progo. Pertemuan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Kulon Progo, drg. Teodola Baning Rahayu Jati.