Webinar Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium


Pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2021, BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan webinar dengan tema Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja - K3 Laboratorium. Webinar diikuti oleh Kepala dan sebagian staf BBTKLPP Yogyakarta, BTKL/BBTKLPP seluruh Indonesia serta Labkesda di lingkungan DIY dan Provinsi Jawa Tengah.

Acara dibuka oleh Kepala BBTKL PP Yogyakarta Dr. dr. Irene, MKM. Adapun materi yang diberikan adalah : Sistem manajemen keselamatan laboratorium (Pengantar K3 Laboratorium, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Monev K3 Laboratorium); Potensi dan kontrol bahaya di laboratorium (Analisa Hazard, MSDS, APD, P3K dasar) dengan narasumber Dr. Hendra, SKM., MKKK, Peneliti Pusat Kajian dan Terapan K3 FKM UI; Lesson learned Pengelolaan K3 Laboratorium Lingkungan dengan narasumber Ir. Rina Aprishanty, MA dari Puslitbang Kualitas dan Laboratorium (P3KLL) Serpong; Lesson learned Pengelolaan K3 Laboratorium Penyakit dengan narasumber dr. Ni Ketut Susilarini, MS dari Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Litbangkes.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi personil utamanya personil pendukung laboratorium di BBTKLPP Yogyakarta sebagai syarat sebagai Laboratorium Penguji sesuai ISO 17025 : 2017 dan sebagai syarat Laboratotium Lingkungan sesuai Permen LHK No. 23 Tahun 2020. Diharapkan juga dengan mengikuti webinar ini peserta dapat mempunyai pengetahuan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk dapat memperbaiki sistem yang ada di masing-masing bidang tempat bekerjanya

Salam sehat