Kunjungan Kerja Sekretaris Jenderal Kemenkes RI ke BBTKLPP Yogyakarta


Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Bapak Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E., M.A., Ph.D. melakukan kunjungan kerja ke BBTKLPP Yogyakarta pada tanggal 3 November 2021. Beliau hadir ke Yogyakarta bersama dengan Kepala Biro Keuangan dan BMN, Bapak Drs. Bayu Teja Muliawan, M. Pharm, MM. Apt. dan jajarannya dalam rangka Seminar Semiloka Nasional Penguatan Perencanaan dan Pelaksanaan Upaya Kesehatan Pasca COVID-19 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES) Indonesia.

Bapak Sekjen memberikan arahan di depan Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Koordinator, Sub Koordinator, Pejabat Fungsional Teknis Ahli Madya, dan Kepala Instalasi di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta, serta perwakilan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IV Yogyakarta. Beliau menyampaikan bahwa peran BBTKLPP Yogyakarta harus dikuatkan terutama dalam pilar ketiga Ketahanan Kesehatan. Inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh BBTKLPP Yogyakarta akan lebih baik jika dapat diproduksi lebih banyak bekerjasama dengan BUMN atau industri-industri kemudian disebar luaskan kepada masyarakat. Muara kegiatan kita harus dapat mencapai manfaat di masyarakat.

Bapak Sekjen juga memberikan pesan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan penduduk yang banyak sehingga kita bisa menjadi negara produsen bukan sekedar impor. Kelemahan negara yang mengimpor adalah di saat krisis seperti awal pandemi COVID-19 kemarin, negara-negara produsen menahan eksport barang-barang seperti Alat Pelindung Diri (APD) mereka sehingga kita sempat mengalami kekurangan APD bagi tenaga kesehatan. Negara yang maju adalah negara yang tahu permasalahannya dan dapat menyelesaikan masalahnya tersebut. Solusi itu penting, termasuk BBTKLPP Yogyakarta yang dapat memberikan solusi dengan inovasinya, maka inovasinya ini perlu diproduksi dan digunakan dengan baik di masyakarat.