Sosialisasi Penyelenggaraan Gerakan Kantor BERHIAS BBTKLPP Yogyakarta


Pada hari Selasa tanggal 9 November 2021 dilaksanakan Sosialisasi Penyelenggaraan Gerakan Kantor BERHIAS (Berbudaya Hijau dan Sehat) BBTKLPP Yogyakarta. Sosialisasi dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) via zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh semua pegawai BBTKLPP Yogyakarta yang ditugaskan dalam SK Tim Pelaksana Gerakan Kantor BERHIAS sebanyak 41 pegawai yang dibagi dalam 5 aspek yaitu Aspek Kantor Ramah Lingkungan sebanyak 7 pegawai yang dikoordinatori oleh Rudi Priyanto, S.Si, Aspek Efisiensi Energi dan Air sebanyak 9 pegawai yang dikoordinatori oleh Singgih Adi Triyono, S.Si, M.Sc, Aspek 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) sebanyak 8 pegawai yang dikoordinatori oleh Heni Amikawati, SKM, Aspek Pengelolaan Kearsipan sebanyak 8 pegawai yang dikoordinatori oleh Kisniati, A.Md, dan Aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) sebanyak 9 pegawai dikoordinatori oleh Anjas Wulansari, SKM, MPH.

Sosialisasi dibuka pada pukul 14.00 WIB oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta yaitu Dr. dr. Irene, MKM. Diskusi dimoderatori oleh Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes selaku Penanggung Jawab Gerakan Kantor BERHIAS BBTKLPP Yogyakarta. Masing-masing koordinator aspek menjelaskan progres, kebutuhan serta kesulitan yang dihadapi agar dapat didiskusikan serta dicarikan solusinya bersama-sama. Sebagai informasi, setiap bulannya dilakukan penilaian terhadap indikator masing-masing aspek dengan rincian Aspek Kantor Ramah Lingkungan sebanyak 35 indikator, Aspek K3 sebanyak 204 indikator, Aspek 5R sebanyak 25 indikator, Aspek Efisiensi Energi dan Air sebanyak 21 indikator serta Aspek Pengelolaan Kearsipan sebanyak 20 indikator. Dalam arahannya, Kepala BBTKLPP berpesan untuk dibuat Satgas KTR (Kawasan Tanpa Rokok), dibuat stiker-stiker ajakan untuk gerakan kantor BERHIAS, dilakukan evaluasi bulanan masing-masing aspek, serta ditindaklanjuti kegiatan-kegiatan yang melibatkan pimpinan dalam gerakan kantor BERHIAS. Beliau berharap dengan adanya tim baru ini bisa bekerja dengan lebih baik dalam gerakan kantor BERHIAS di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta. Sosialisasi berjalan dengan lancar.

Diharapkan sosialisasi ini menjadi internalisasi yang baik, diawali oleh para penggerak kantor BERHIAS yang kedepannya akan menjadi budaya disetiap insan di BBTKLPP Yogyakarta.