Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 57


Pada tanggal 12 November 2021 Kementerian Kesehatan RI melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-57. Upacara diadakan secara luring yang dihadiri oleh para pejabat di Kementerian Kesehatan dan beberapa perwakilan serta secara daring yang diikuti oleh Dinas Kesehatan seluruh Indonesia dan Satuan Kerja di bawah Kementerian Kesehatan termasuk BBTKLPP Yogyakarta.

Inspektur Upacara adalah Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Susunan upacara terdiri dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan UUD 45, amanat Inspektur Upacara, menyanyikan Mars Hidup Sehat dan Mars Germas, serta penutup.

Dalam amanatnya, Menteri Kesehatan menyampaikan di masa pandemi ini ketiga langkah yakni Protokol Kesehatan (3M), Surveilans (3T) dan Vaksinasi sangat diperlukan agar kita bisa melampaui potensi lonjakan kasus di libur nasional. Kementerian Kesehatan sudah mencanangkan transformasi kesehatan yang akan dilakukan meliputi 6 bidang yaitu transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi kualitas layanan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya kesehatan, transformasi teknologi kesehatan dan transformasi bioteknologi.

Menteri Kesehatan berpesan melalui pandemi ini, Indonesia sebagai presiden G20 harus mampu memulai transformasi di sistem kesehatan. Perubahan di sistem global juga harus dilakukan untuk memastikan bahwa anak cucu kita akan jauh lebih siap apabila terjadi pandemi berikutnya.

Dalam kesempatan peringatan HKN ini diumumkan beberapa penghargaan. BBTKLPP Yogyakarta menerima penghargaan 3 tahun berturut-turut WBK tingkat Nasional dan juara 1 eASPIRASI kategori Unit Pelaksana Vertikal Kemenkes. ASPIRASI (Anugerah Situs Inspirasi Sehat Indonesia) merupakan kegiatan penilaian website unit di lingkungan Kementerian Kesehatan RI.