Inspiring Training Star Of Service BBTKLPP Yogyakarta


Perilaku konsumen adalah cerminan dari perilaku pemberi layanan. Customer yang baik menjadi semakin baik jika diperlakukan dengan baik oleh pemberi layanan yang baik, begitupun sebaliknya. Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan prima tersebut, BBTKLPP Yogyakarta bekerjasama dengan Cristal Indonesia Manajemen yang merupakan konsultan sumber daya manusia menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengembangan kreativitas untuk meningkatkan virtual performance di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta pada hari Sabtu, 13 November 2021 di aula lt. 5 Gedung BBTKLPP Yogyakarta. Acara dibuka langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, MKM, Koordinator Substansi Tata Usaha Sayekti Udi Utama, SKM,.M.Kes dan Plh. Kasubbag Adum Dhelina Auza Utami, S.Farm, Apt, MM beserta seluruh garda depan mulai Satuan Pengaman (Satpam), Petugas Pelayanan Teknis dan Front Office serta petugas kebersihan.

Dalam pembukaannya Kepala Balai menyampaikan bahwa BBTKLPP Yogyakarta sudah beberapa kali menyelenggarakan pelatihan pelayanan prima dalam binaan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat (Rakomyanmas) Kementerian Kesehatan. Pada kesempatan ini kembali kegiatan serupa digelar dengan menggandeng lembaga swasta Cristal Indonesia Manajemen dengan harapan dapat menambah lagi ilmu dan keterampilan bagi petugas garda depan di BBTKLPP Yogyakarta sehingga dapat terus menerus melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Karena di tahun ini BBTKLPP Yogyakarta sudah memperoleh penghargaan pelayanan publik dari KemenPan RB dengan kategori pelayanan yang sangat baik, Kepala Balai berharap setelah pelatihan ini dapat naik menjadi kategori pelayanan PRIMA dengan nilai A.

Pelatihan berlangsung dengan rangkaian materi dan juga praktek oleh tim Cristal Indonesia Manajemen dengan tema Membangun etika sikap profesional dalam melayani, kunci sukses pelayanan berkualitas dan cara sukses sebuah pelayanan, dilanjutkan praktek tentang sikap diri yang baik saat melayani diantaranya adalah cara berpakaian, cara membawa diri, cara sikap berdiri, cara memandang, cara tersenyum, cara duduk, cara berjabat tangan, cara bicara dan juga cara membawa dan memberikan map.

Diharapkan setelah diadakan kegiatan ini dapat melatih kepercayaan diri, komunikasi dan motivasi yang baik untuk membangun budaya kerja yang menyenangkan, saling peduli dan dapat terus mengembangkan jiwa spiritual yang baik sehingga selalu tercipta budaya pelayanan prima di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta yaitu “Melayani dengan Sepenuh Hati“.