Penyampaian Rekomendasi Kegiatan Survei Evaluasi Prevalensi Mikrofilaria Pasca POPM Filariasis (TAS) di Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021


ehubungan dengan telah selesainya kegiatan Survei Evaluasi Prevalensi Mikrofilaria Pasca POPM Filariasis (Transmission Assessment Survey /TAS 1) di Kabupaten Pati, maka pada tanggal 19 November 2021 bertempat di Resto Winong 57 diselenggarakan penyampaian rekomendasi hasil kegiatan yang dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Pati, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, dan Balkesmas Wilayah Pati.

Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Pati (dr. H. Joko Leksono Widodo, M.M.) dilanjutkan penyampaian materi “Program Eliminasi Filariasis di Jawa Tengah” oleh Pemegang Program Filariasis dan Kecacingan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Asmuri, S.K.M., M. Kes.). Setelah itu, disampaikan materi pertemuan dan rekomendasi oleh Subkoordinator Subsubstansi Pengkajian dan Diseminasi BBTKLPP Yogyakarta (Imam Wahjoedi, S.K.M., M.P.H.). Selanjutnya, dilakukan diskusi rencana tindak lanjut hasil kegiatan TAS 1 dan rencana persiapan pelaksanaan TAS 2 pada tahun 2023 yang dipimpin oleh Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda (Heldhi B. Kristiyawan, S.K.M., M.Eng.) dengan hasil: 1) Pelaksanaan surveilans kasus Filariasis, 2) Penyegaran tata laksana kasus Filariasis bagi petugas kesehatan , dan 3) Promosi perilaku hidup sehat terkait pencegahan transmisi kasus Filariasis yang dilakukan oleh stakeholder terkait.