Penyampaian Rekomendasi Kegiatan Survei Prevalensi Kecacingan pada Anak Sekolah di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021


Sehubungan dengan telah selesainya kegiatan Survei Prevalensi Kecacingan pada Anak Sekolan di Kabupaten Rembang, maka pada Selasa, 23 November 2021 diselenggarakan penyampaian rekomendasi hasil kegiatan yang dihadiri oleh 35 peserta yang berasal dari perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Rembang, Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, dan Balkesmas Wilayah Pati.

Pertemuan dibuka oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Rembang (dr. M Rehulina, M.Kes.) dilanjutkan penyampaian sambutan oleh Subkoordinator Subsubstansi Pengkajian dan Diseminasi BBTKLPP Yogyakarta (Imam Wahjoedi, S.K.M., M.P.H.). Setelah itu, disampaikan materi pertemuan dan rekomendasi oleh Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda (Heldhi B. Kristiyawan, S.K.M., M.Eng.). Acara ditutup dengan penyampaian 5 point rencana tindak lanjut yg akan dilakukan oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehahatan Kabupaten Rembang, berupa: 1) Pemantauan pengobatan kasus positif dan follow up pemeriksaan feses di Puskesmas, 2) Inspeksi Sanitasi di wilayah kasus positif, 3) Pengobatan POPM Kecacingan tetap dilaksanaan 2 kali dalam setahun, 4) Penggunaan dana BOK Puskesmas untuk Promotif, Preventif dan Kuratif Program Kecacingan, dan 5) Bekerjasama dengan lintas sektor (Kemenag dan Dindikpora) untuk intervensi pencegahan dan pengendalian kasus kecacingan pada anak sekolah.