Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Surveilans Sentinel Leptospirosis di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah


Dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan Surveilans Sentinel Leptospirosis di Kabupaten Kebumen, pada tanggal 24 November 2021 dilaksanakan pertemuan di Puskesmas Petanahan Kabupaten Kebumen sebagai salah satu lokasi Surveilans Sentinel Leptospirosis. Sentinel surveilans leptospirosis di Kabupaten Kebumen terdiri dari 3 fasyankes, yaitu Puskesmas Petanahan, Puskesmas Kutowinangun, dan RSUD dr. Soedirman Kebumen. Pertemuan dihadiri oleh tim BBTKLPP Yogyakarta yang terdiri dari Sub Koordinator Sub Substansi Advokasi dan KLB (Heni Amikawati, S.K.M.), Pranata Laboratorium Kesehatan Ahli Muda (Emanuel Kristanti, S.T., M.Sc), JFU Epidemiolog (dr. Nur Subagyo, M.P.H.) dan JFU Epidemiolog Kesehatan (Tri Muyani), Direktorat P2PTVZ dari Poksi Zoonosis (drh. Zaenal Khoirudin dan dr. Triada Romadona), Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Peny Setyawati, S.K.M., M.Kes. dan Asmuri, S.K.M. M.Kes.), Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen (Winarti, S.K.M., M.P.A.) dan tim Puskesmas Petanahan (kepala puskesmas, petugas surveilans, perawat dan petugas laboratorium).

Dalam pertemuan tersebut, didiskusikan jalan keluar dari kendala-kendala yang dihadapi oleh tim teknis SSL Puskesmas Petanahan. Selanjutnya hasil diskusi akan disampaikan pada tim teknis di lokasi sentinel yang lain untuk menyamakan persepsi dan kelancaran kegiatan Surveilans Sentinel Leptospirosis di Kabupaten Kebumen.

Salam sehat