Pertemuan Upaya Pengendalian Vektor Oleh Masyarakat Dalam Rangka Kegiatan Surveilans Perilaku Vektor dan Konfirmasi Vektor Dengue Serta Pelaporan Sistem Surveilans Sentinel Dengue (S3D) di Kabupaten Grobogan Tahun 2021


Dalam rangka pengendalian vektor dengue di Kabupaten Grobogan, BBTKLPP Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan menyelenggarakan pertemuan upaya pengendalian vektor oleh masyarakat dalam rangka kegiatan surveilans perilaku vektor dan konfirmasi vektor dengue serta pelaporan Sistem Surveilans Sentinel Dengue (S3D) pada hari Senin, 13 Desember 2021 di Hotel Front One, Kabupaten Grobogan. Pertemuan ini merupakan pelaporan sekaligus evaluasi pelaksanaan kegiatan yang diampu oleh 2 substansi di BBTKLPP Yogyakarta yaitu Surveilans Perilaku Vektor Dengue (Substansi ADKL) dan Sistem Surveilans Sentinel Dengue (S3D) (Substansi SE) Tahun 2021 di Kabupaten Grobogan.

Pertemuan diikuti oleh perwakilan dari BBTKLPP Yogyakarta, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Tri Dewi Kristini, S.K.M., M.Kes. dan Asmuri, S.K.M., M.Kes.), Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Balkesmas Pati (Wahyu Sulistiyo, AMK), rumah sakit sentinel (RSUD Dr. R. Soedjati Purwodadi, RS. Panti Rahayu, RS. Permata Bunda, RS. PKU Muh. Gubug), Puskesmas Wirosari I, Puskesmas Geyer I, Kepala Desa Kropak, Kepala Dusun Kropak, kader, dan tokoh masyarakat Desa Geyer.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan (Gunawan Cahyo Utomo, M.P.H.), diteruskan dengan sambutan oleh perwakilan dari BBTKLPP Yogyakarta (Feri Astuti, S.T., M.P.H. selaku Koordinator Substansi ADKL). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil kegiatan Surveilans Perilaku Vektor oleh ketua tim vektor (Kustiah, S.Si.) dan Sistem Surveilans Sentinel Dengue (S3D) oleh ketua Tim S3D (dr. Ratna Wijayanti, M.P.H.).

Diskusi dilaksanakan setelah pemaparan hasil kegiatan dipandu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan (Gunawan Cahyo Utomo, M.P.H.), dengan hasil adanya evaluasi kegiatan dan saran untuk pelaksanaan kegiatan tahun selanjutnya. Pertemuan dilanjutkan dengan penyerahan laporan kegiatan kemudian ditutup dengan foto bersama.