Kunjungan Studi Tiru Balai Pengujian dan Laboratorium Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah ke BBTKLPP Yogyakarta


Berdasarkan surat Balai Pengujian dan Laboratorium Lingkungan Hidup (BPLLH) Provinsi Jawa Tengah Nomor 660.1/8296, tanggal 7 Desember 2021 Perihal Permohonan Kunjungan Studi Tiru, pada hari Kamis, 16 Desember 2021 menerima kunjungan kerja dari tim BPLLH Provinsi Jawa Tengah. Tim diterima langsung oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, M.K.M didampingi oleh Plh Kepala Sub Administrasi Umum Dhelina Auza Utami, S. Farm., Apt., MM, Koordinator Substansi Tata Usaha Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes, Koordinator Pengembangan Teknologi Laboratorium Indah Nur Haeni, S.Si, M.Sc, Sub Koordinator Pengembangan Teknologi Laboratorium dan Kepala Instalasi Laboratorium Fisika Kimia Air, Kristina Eri Faryanti, S.Si, Kepala Instalasi Laboratorium Biologi, Anies Mulyani, SKM, Kepala Instalasi Pelayanan Teknik, Sri Ningsih, S.ST, M.T dan Perwakilan Instalasi Teknologi Informasi, Mardiansyah, Kom, M.P.H.

Dalam sambutannya, Kepala BPLLH Provinsi Jawa Tengah, Slamet Widodo, ST, MSi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BBTKLPP Yogyakarta dan seluruh staf atas sambutan dan diterimanya kunjungan ini. Kemudian beliau menyampaikan bahwa sesama instansi yang memiliki tugas pelayanan, BPLLH Provinsi Jawa Tengah merasa ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dan mendapatkan pengalaman dari pelayanan laboratorium di BBTKLPP Yogyakarta antara lain dalam pelayanan publik berbasis elektronik, pengujian kualitas lingkungan pada laboratorium fisika kimia air dan laboratorium biologi lingkungan.

Dr. dr. Irene, M.K.M. memberikan sambutan dan ucapan selamat datang di kantor BBTKLPP Yogyakarta. Beliau menyampaikan saat ini BBTKLPP Yogyakarta telah membuat beberapa inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, salah satunya adalah dengan menyediakan fitur aplikasi elektronik Sistem Informasi Manajemen DAta TerpaDU (eSIMDADU) yang dapat memudahkan dalam pelayanan pengujian contoh uji laboratorium dan aplikasi elektronik LAyanan Informasi PeLANGgan (eLANG) yang memudahkan pelanggan untuk memonitoring proses pengujian contoh uji dalam setiap level proses dari mulai proses registrasi sampai penerbitan sertifikat laporan hasil uji.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi implementasi aplikasi eSIMDADU dan eLANG yang disampaikan oleh perwakilan Instalasi Teknologi Informasi, Mardiansyah, S.Kom, M.P.H. Dalam paparannya, disampaikan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi dari setiap level proses yang ada. Kemudian dilanjutkan dengan sharing dengan Kepala Instalasi Laboratorium terkait pengelolaan pengujian kualitas lingkungan di laboratorium fisika kimia air dan laboratorium biologi lingkungan.

Sebelum penutupan, dilanjutkan dengan diskusi dan sharing bersama terkait pelayanan laboratorium yang dimiliki dari masing-masing. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan laboratorium, BPLLH Provinsi Jawa Tengah berencana akan mereplikasi dan mengimplementasikan aplikasi eSIMDADU BBTKLPP Yogyakarta karena terdapat banyak fitur-fitur yang sama dalam mendukung pelayanan.

Setelah diskusi, acara dilanjutkan kunjungan lapangan ke beberapa instalasi laboratorium lingkungan.

Salam Sehat