Vaksinasi Jimpitan Plus Pemerintah Daerah Desa Sumbermulyo Kabupaten Bantul


Kegiatan vaksinasi jimpitan plus yang digelar Pemerintah Daerah Desa Sumbermulyo Kabupaten Bantul dilaksanakan pada hari Jum’at, 21 Januari 2022 bertempat di halaman SD Muhammadiyah Jogodayoh, Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Kegiatan vaksin ini adalah kegiatan vaksinasi khusus lansia baik yang memiliki komorbid maupun non komorbid. Para lansia berkomorbid dijemput dengan menggunakan ambulan dari rumahnya masing – masing dan dibawa ke sentra penyuntikan. Acara dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin, Bupati Bantul Bapak Abdul Halim Muslih, Pejabat DANDIM, Pejabat Kapolres Bantul, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, para pamong desa setempat dan dihadiri pula Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, MKM beserta Koordinator Substansi Tata Usaha Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes.

Setelah meninjau kegiatan vaksinasi tersebut, dalam sambutannya Bupati Bantul menyampaikan terimakasih dan ucapan selamat datang kepada Menteri Kesehatan yang telah memberikan perhatian, support serta motivasi yang besar kepada Pemerintah Kabupaten Bantul dan juga para tamu undangan yang sudah hadir. Kegiatan ini dalam rangka melanjutkan perjuangan dalam rangka menanggulangi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul. Berharap kegiatan ini dapat terus bersinergi untuk mengejar kekurangan – kekurangan dan menyempurnakan cara – cara penanggulangan Covid-19, diantaranya dengan inovasi vaksinasi drive true bagi lansia dan juga penjemputan bagi komunitas masyarakat yang masih belum bisa menerima dan menolak vaksinasi, yang akhirnya kami harus bekerjasama dengan beberapa ormas Islam, NU dan Muhammadiyah untuk memberikan edukasi. Diakhir sambutannya Bupati Bantul berharap kegiatan ini dapat menjadi percontohan bagi kelurahan – kelurahan yang lain.

Dalam sambutan dan arahannya Menteri Kesehatan kagum dan menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya serta support atas adanya kegiatan ini sehingga dapat menjadi strategi yang efektif dalam menjaring penerima vaksin Covid-19 terlebih yang sasaran utamanya adalah para lansia dengan komorbid maupun non komorbid. Dengan adanya vaksinasi jimpitan plus yang bekerjasama dengan relawan SONJO (Sambatan Jogja) dan OJK ini dapat menjadi kearifan lokal tersendiri dimana dapat menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksin Covid-19 sangatlah tinggi yang diharapkan dapat membentuk sistem kekebalan tubuh di lingkungannnya masing – masing sehingga secara tidak langsung juga memberikan rasa aman dan nyaman saat akan beraktivitas. Diakhir arahannya Menteri Kesehatan berpesan untuk selalu menjaga komunikasi dengan masyarakat, jujur dengan keadaan, tetap menjalankan protokol kesehatan, jangan sampai kendor dan tetap waspada.

Salam Sehat Indonesiaku