Kunjungan Universitas Muhammadiyah Palembang Prodi Teknologi Informasi ke BBTKLPP Yogyakarta


Dalam rangka menjalankan kurikulum Prodi Teknologi Informasi tentang mata kuliah wajib yaitu Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Kompetensi keahlian Tata Kelola Teknologi Informasi dan Software Engineering maka pada hari ini Kamis tanggal 3 Februari 2022 Universitas Muhammadiyah Palembang Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik mengadakan kunjungan ke BBTKLPP Yogyakarta. Acara berlangsung di Aula lantai 5 Gedung Pelayanan BBTKLPP Yogyakarta, dihadiri oleh 62 orang dari Universitas Muhammadiyah Palembang yang terdiri dari 1 orang Ka. Prodi, 4 orang dosen, 2 orang staf, dan 55 orang mahasiswa serta 8 orang dari BBTKLPP Yogyakarta yaitu Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. didampingi oleh Koordinator Substansi Tata Usaha, Sayekti Udi Utama, S.K.M., M.Kes., Koordinator Substansi PTL, Indah Nur Haeni, S.Si., M.Sc., Plt. Kasubbag Administrasi Umum, Dhelina Auza Utami, S.Farm, Apt., M.M., beserta staf.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dibacakan safety briefing oleh MC, Sri Ningsih, S.ST., M.T. Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa.

Sambutan pertama melalui zoom dari Kepala BBTKLPP Yogyakarta, Dr. dr. Irene, M.K.M. Dalam sambutannya disampaikan permohonan maaf karena tidak bisa mengikuti acara secara offline. Pada saat ini semua kegiatan tidak lepas dari peran teknologi informasi. Disampaikan juga perjalanan e-Simdadu di BBTKLPP Yogyakarta yang tentu tidak mudah terutama untuk mengubah kebiasaan bekerja dari manual ke pemakaian aplikasi tersebut. Dengan e-Simdadu sebenarnya banyak sekali keuntungannya yaitu pekerjaan menjadi lebih cepat, lebih mudah, lebih transparant, dan bisa dikerjakan di mana saja. Terakhir diucapkan terima kasih dan selamat mengikuti acara, semoga berjalan lancar dan bermanfaat.

Sambutan kedua dari Ka. Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah Palembang, Karnadi, S.Kom., M.Kom. Disampaikan terima kasih sudah menyediakan waktu dan bersedia menyambut kami. Mahasiswa yang KKL adalah mahasiswa angkatan kedua. KKL merupakan salah satu mata kuliah wajib. Senang sekali dapat berkunjung ke BBTKLPP Yogyakarta.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Fungsional Pranata Komputer Muda, Mardiansyah, S.Kom., M.P.H. dengan Moderator Kepala Instalasi Diklat, Mieng Nova Sutopo, S.K.M., M.Kes. Dalam paparannya, disampaikan tentang implementasi teknologi informasi dalam mendukung pelayanan di BBTKLPP Yogyakarta yang meliputi pengelolaan hardware, pengelolaan jaringan dan pengelolaan software. Dikarenakan peserta KKL mempunyai konsentrasi jurusan pada software engineering, pada paparan ini lebih banyak dibahas tentang pengelolaan software dimulai dari proses perencanaan hingga implementasi software di level user. Pada kesempatan ini disampaikan implementasi aplikasi elektronik sistem informasi manajemen terpadu (eSIMDADU) dalam mendukung tugas pokok dan fungsi BBTKLPP Yogyakarta, salah satu modulnya adalah elektronik sistem informasi laboratorium yang berfungsi untuk membantu proses manajemen pemeriksaan contoh uji mulai dari proses registrasi hingga penerbitan sertifikat lembar hasil uji. selain itu disampaikan juga implementasi aplikasi elektronik layanan informasi pelanggan (eLANG) yang disediakan untuk membantu pelanggan dalam memonitoring pemeriksaan contoh uji.

Setelah paparan materi acara dilanjutkan dengan diskusi, foto bersama dan penutupan.

SALAM SEHAT