Pertemuan Daring Persiapan Kegiatan Survei Penilaian Penularan (Transmission Assessment Survey/TAS) 1 Filariasis di Kabupaten Demak Tahun 2022


Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan TAS di Kabupaten Demak, pada hari Kamis, 3 Februari 2022 diselenggarakan Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Survei Penilaian Penularan (Transmission Assessment Survey/TAS) 1 di Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah melalui daring. BBTKLPP Yogyakarta akan melaksanakan kegiatan Survei Penilaian Penularan/TAS 1 Filariasis dengan sasaran anak siswa SD/MI kelas 1 dan 2 di Kabupaten Demak.

Diawali dengan sambutan dan arahan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta (Dr. dr. Irene, M.K.M.) yang menyampaikan bahwa pertemuan koordinasi dilaksanakan secara online, sebagaimana arahan dari Kementerian Kesehatan. Koordinasi bertujuan untuk memperlancar kegiatan TAS dengan melibatkan sektor kesehatan dan pendidikan. Pertemuan ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Dinas Pendidikan Kabupaten Demak, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, karena sekolah (SD/MI) yang terlibat ada di bawah Dindikbud dan Kemenag. Pertemuan juga dihadiri oleh petugas Puskesmas yang akan terlibat dalam kegiatan, dilanjutkan paparan mengenai Rencana Pelaksanaan Kegiatan di Kabupaten Demak oleh Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda (Heldhi B. Kristiyawan, S.K.M., M.Eng.).

Selanjutnya, dilakukan diskusi mengenai rencana kegiatan yang disampaikan oleh dr. Irma Makiah (Sub Koordinator P2PM Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah), Heri Winarno, S.K.M., M.Kes (Koordinator P2P), Tri Pitoyo, S.Pd, M.Pd. (Plt. Kasi Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak), dan Tri Handayani, S.K.M., M.M. (Sub Koordinator P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Demak).

Berdasarkan hasil diskusi, maka pelaksanaan kegiatan Survei Penilaian Penularan (Transmission Assessment Survey/TAS) 1 di Kabupaten Demak akan dilakukan pada tanggal 21 – 25 Februari 2021 dengan sasaran 1.800 Siswa SD/MI kelas 1 dan 2 pada 30 Cluster/Sekolah terpilih di Kabupaten Demak.