Peresmian (Launching) Katalog Elektronik Sektoral Kementerian Kesehatan


Dalam rangka lebih meningkatan transparasi pengadaan barang di Lingkungan Kementerian Kesehatan, pada tanggal 11 Pebruari 2022 telah dilakukan peresmian (Launching) Katalog elektronik Sektoral Kementrian Kesehatan. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran eselon I beserta Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kementerian Kesehatan serta Pemerintah Daerah dan para pelaku usaha di bidang penyedia alat kesehatan dan obat di seluruh Indonesia. Dalam acara ini, BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Kepala Balai selaku KPA (Dr.dr. Irene. MKM), Ka.subbag ADUM (Dhelina Auza Utami), Koordinator Substansi Tata Usaha selaku Pejabat Penanda Tangan SPM (Sayekti Udi Utama), Pejabat Pembuat Komitmen (Dian Trikoriati), Pejabat Pengadaan (Nanang Himawan) dan ketua UKPBJ BBTKLPP Yogyakarta (Yeni Yulianani).

Acara dilaksanakan secara virtual diawali dengan sambutan ketua panitia oleh Sekjen Kementerian Kesehatan (Kunta Wibawa Dasa Nugraha). Dalam sambutannya Sekjen kemenkes RI menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk melakukan perbaikan terus menerus dalam hal tata kelola termasuk pengadaan peralatan kesehatan dan obat di lingkungan Kementerian Kesehatan. Kondisi saat ini jumlah dan jenis kebutuhan peralatan di bidang kesehatan semakin meningkat dengan spesifikasi yang sangat khusus serta pendistribusiannya pun dilakukan oleh Kementrian Kesehatan.

Atas saran dan hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh LKPP dan KPK akan lebih tepat apabila pengelolaan pengadaan peralatan kesehatan dan obat yang spesifik ini diserahkan ke Kementerian Teknis yang membidangi. Untuk selanjutnya pengelolaan pengadaan di Kemeterian Kesehatan akan dilaksanakan secara tersentralisasi di Biro Pengadaan Barang dan Jasa.

Dengan akan di launchingnya katalog elektronik sektoral Kemeterian Kesehatan ini, maka proses pengadaan lebih cepat, independen, efektif, efisien,transparan, tanggungjawab dan akuntabel yang dilaksanakan secara modern dengan cara elektronik. Dalam elektronik katalog sektoral ini akan dikelola dua etalase, yaitu etalase Komoditas alat kesehatan dan alat penunjang pelayanan kesehatan dan etalase katalog komoditas obat dan komoditas lainnya.

Dalam pelaksanaannya untuk tahap awal di masa transisi masih akan ditayangkan dua elektronik katalog yang akan ditampilkan untuk etalase obat dan alat kesehatan secara elektronik katalog Nasional dan elektronik katalog sektoral Kementrian Kesehatan. Saat ini telah siap tayang sebanyak 1.483 jenis produk alat kesehatan, 88 produk non kesehatan/pendukung kesehatan dan 1 jenis antiseptika dalam perbekalan kesehatan Rumah Tangga.

Dalam acara ini juga disampaikan sambutan terkait dukungan dari KPK yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK (Pahala Nainggolan) serta dari LKPP yang disampaikan oleh Kepala LKPP (Abdullah Azwar Anas). Kedua lembaga ini sangat mendukung dalam penyiapan pembentukan Katalog elektronikal sektoral Kementerian Kesehatan, diantaranya adalah pendampingan dalam persiapan penetapan verifikator dan instrument terkait persyaratan pra e catalog dan procurement, e purchasing.

Harapan dari kedua lembaga ini adalah bahwa Katalog elektronikal sektoral Kementerian Kesehatan ini bisa dicontoh oleh kemetrian lainnya serta bisa dimanfaatkan oleh seluruh institusi di bidang kesehatan, baik pusat,pemerintah daerah maupun sector swasta dengan lebih mendorong peran produksi dalam negeri dalam mencukupi kebutuhan peralatan dan obat Nasional.

Selanjutnya pada arahan pembukaaan, Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa saat ini Kemeterian Kesehatan mendapatkan tugas dari Presiden untuk melaksanakan reformasi di Bidang Kesehatan. Enam reformasi yang sedang dilakanakan adalah reformasi Layanan primer, layanan sekunder, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan sektor kesehatan, system SDM, sistem teknologi Kesehatan. Adanya launching elektronikal sektor kementerian kesehatan ini merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Kemeterian Kesehatan dalam transformasi reformasi pada sector sistem ketahanan kesehatan dan system Sumber daya Manusia.

Harapan ke depan dalam penyediaan peralatan kesehatan secara Nasional akan didorong penguatan TKDN sehingga produsen yang mempunyai aktifitas produksi terbanyak di dalam negeri akan mendapatkan porsi yang terbesar untuk bisa dimanfaatkan dalam penyediaan peralatan kesehatan di dalam negeri. Adapun target Kemeterian Kesehatan pada tahun 2022 sudah ada 20,000 produk peralatan dan obat kesehatan masuk di etalase e cataloq sektor kesehatan, dengan memberikan kemudahan bagi produksi dalam negeri yang telah memenuhi syarat serta adanya evaluasi terhadap Saker yang memanfaatkan e catalog sektoral ini dalam membelanjakan APBN/APBDnya.

Pada bagian akhir acara dilanjutkan dengan diskusi terkait penyampaian mekanisme Katalog Elektronik Sektoral oleh Kepala Biro Keuangan dan BMN Kementerian Kesehatan (Bayu Teja Muliawan).

Salam Sehat