In House Trainning (IHT) Validasi Metode Pengujian Kimia BBTKLPP Yogyakarta


Pada tanggal 15 dan 16 Februari 2022 diselenggarakan IHT Validasi Metode Pengujian Kimia di BBTKLPP Yogyakarta. Pelaksanaan IHT ini dilakukan bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan instruktur Dra. Evita Boes, MSi.

Acara dibuka oleh Ibu Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.dr. Irene, MKM. Peserta IHT meliputi petugas laboratorium penguji dan kalibrasi di BBTKLPP Yogyakarta. Dalam sambutannya disampaikan bahwa tujuan IHT untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petugas laboratorium guna memperkuat akreditasi laboratorium penguji dan kalibrasi sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2017.

Materi yang disampaikan dalam IHT ini tentang validasi metode pengujian meliputi : Ketertelusuran, Kalibrasi dan Verifikasi Peralatan, Presisi dan Akurasi, Limit Deteksi (LOD) dan Limit Kuantisasi (LOQ), Linearitas, Konfirmasi Identitas. Dalam pelaksanaannya juga ada pre test, exercise dan post tes.

Acara ditutup oleh Koordinator Subtansi PTL Ibu Indah Nur Haeni, SSi, MSc. Diharapkan peserta dapat mengaplikasikan materi yang diberikan dan menambah pengetahuan serta ketrampilan kelaboratoriumannya guna memperkuat akreditasi laboratorium BBTKLPP Yogyakarta.