Pertemuan OJT (On the Job Training) Kegiatan Survei Penilaian Penularan (Transmission Assessment Survey/TAS) 1 Filariasis di Kabupaten Demak Tahun 2022


Pada tanggal 17 Februari 2022, Substansi Surveilans Epidemiologi BBTKLPP Yogyakarta melaksanakan On the Job Training (OJT) bagi petugas kesehatan dalam rangka pelaksanaan Survei Evaluasi Prevalensi Filariasis Paska POPM di Kabupaten Demak. OJT ini dilaksanakan di Aula Wakil Bupati Demak yang terbagi dalam dua tahap pertemuan, dengan total dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri atas petugas surveilans dan pranata laboratorium dari 27 puskesmas di Kabupaten Demak, 6 orang petugas analis dari Laboratorium Kesehatan Daerah, perwakilan dari Kantor Kementerian Agama, perwakilan dari Dinas Pendidikan, dan petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. Tim BBTKLPP Yogyakarta diketuai oleh Dian Trikoriati, ST., SKM., M.P.H.

Pada pembukaan, beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan OJT ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas dalam melaksanakan pemeriksaan darah menggunakan Filariasis Test Strip (FTS) dan mempersiapkan petugas untuk pelaksanaan Transsmission Assessement Survey (TAS) yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 25 Februari 2022. Dinas Kesehatan Jawa Tengah diwakili oleh Asmuri, SKM., M.Kes. Dalam arahannya, disampaikan bahwa salah satu kendala yang dihadapi pada pelaksanaan TAS adalah banyaknya hasil yang invalid.

Pada OJT ini, dilakukan presentasi mengenai Rencana Pelaksanaan TAS di Kabupaten Demak oleh Heldhi Broto K, SKM., M.Eng dan simulasi pemeriksaan darah menggunakan FTS oleh tim BBTKLPP Yogyakarta. Setelah OJT ini, diharapkan petugas dapat melakukan pengambilan darah dengan baik dan hasil pemeriksaan valid.