Sosialisasi AD/ART Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan


Dalam rangka tertib organisasi, DWP Kementerian Kesehatan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dharma Wanita Persatuan Hasil Munas IV dan Program Kerja secara daring bagi Pengurus dan anggota DWP Unsur Pelaksana, dan DWP Unsur Pelaksana Teknis di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2022, yang dihadiri oleh Bapak Menteri Kesehatan dan Ibu penasehat DWP Kemenkes Ibu Ida Budi Gunadi Sadikin. Perwakilan DWP dari BBTKLPP Yogyakarta yang hadir adalah Ibu Hesti Rachmawati Udi Utama, Ibu Anjas Wulansari, Ibu Atikah Mulyawati, dan Ibu Evi Aslam Fahmiaji.

Ibu Ida Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi AD ART DWP Kemenkes ini adalah kegiatan ketiga kalinya. Acara ini bertujuan agar DWP semakin dikenal dan segenap keluarga DWP dapat berpartisipasi dalam kegiatan dengan tetap melaksanakan tugasnya, terutama dalam mengurus suami dan anak. Sedangka Bapak Menteri Kesehatan berpesan agar DWP dapat menyesuaikan diri dengan dinamika, turut menyejahterakan anggotanya, dan menjadi organisasi modern sesuai perkembangan jaman.

Sosialisasi AD/ART Dharma Wanita Persatuan disampaikan oleh Ibu Ninuk Zudan, disampaikan bahwa maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah penyamaan persepsi dalam memahami dan melaksanakan AD/ART, optimalisasi sinergitas antar tingkat kepengurusan untuk melaksankan tugas pokok untuk mewujudkan tujuan DWP, penguatan peran DWP dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarganya khususnya serta masyarakat pada umumnya. Disampaikan pula tentang tujuan DWP, tupoksi, visi dan misi, keanggotaan, susunan organisasi, kepengurusan, penasihat, musyawarah dan rapat, atribut, sumber keuangan, penyelesaian perselisihan.

Materi selanjutnya adalah Petunjuk Pelaksanaan Tata Surat dan Tata Arsip DWP yang disampaikan oleh Ibu Naida Inet Yudha. Buku petunjuk pelaksanaan tata surat dan tata arsip digunakan sebagai pedoman terpadu dalam pelaksanaan tata surat dan tata arsip pada jajaran DWP dengan tujuan untuk keseragaman, menunjang kelancaran berkomunikasi dan kemudahan pengendalian dalam pelaksanaannya, meningkatkan efisiensi dan efektifitas informasi, dan mewujudkan tata arsip pada seluruh jajaran DWP.

Materi ketiga adalah Penyampaian Program Kerja Kemenkes Tahun 2022 oleh Ibu Hatipah Kunta Wibawa, dijelaskan secara terperinci program kerja DWP Kemenkes dari Januari sampai Desember 2022. Materi selajutnya disampaikan oleh Ibu Ida Budi G Sadikin tentang Batik DWP Kemenkes. Batik DWP Kemenkes dengan motif mega mendung yang mempunyai makna menaungi, selaras dengan nilai-nilai Kemenkes yang senantiasa menaungi masyarakat Indonesia dalam program-program pelayanan kesehatan yang bermanfaat bagi segenap masyarakat tanah air. Dan corak bunga yang mekar mewakili arti “Harapan dan Kehidupan”sejalan dengan tujuan Kemenkes yang selalu memiliki semangat untuk terus mengembangkan program-program kesehatan yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup sehat masyarakat Indonesia.