Peningkatan Kapasitas Tenaga Sanitarian BBTKLPP Yogyakarta dalam “Inovasi dan Rekayasa Pengolahan Limbah menjadi Ramah Lingkungan” Tahun 2022


Pada tanggal 1,2 dan 4 Maret 2022, Substansi ADKL BBTKLPP Yogyakarta bekerja sama dengan Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (DTK FT UGM) menyelenggarakan peningkatan kapasitas SDM terkait inovasi dan rekayasa pengolahan limbah agar menjadi ramah lingkungan. Kegiatan diikuti oleh 15 peserta terdiri dari 10 orang Sanitarian, 2 orang Pranata Laboratorium Kesehatan, dan 3 orang dari Bagian Tata Usaha.

Hari pertama kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang DTK FT UGM, diawali dengan pembukaan oleh Sub Koordinator Sub Substansi Lingkungan Fisik Kimia, Indah Setyorini, S.T., M.Kes. Kemudian pemaparan materi Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Domestik oleh Dr. Ir. Sarto, M.Si. serta materi Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Cair dan Minyak oleh Lisendra Marbelia, S.T., M.Si., Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Laboratorium Teknik Kimia UGM.

Hari kedua peserta mengikuti pemaparan materi mengenai pengolahan limbah menjadi barang bernilai ekonomi diantaranya pengolahan sampah PVC menjadi pipa PVC yang siap dijual, limbah anorganik yaitu sampah plastik menjadi kayu sintetis serta praktek pengolahan limbah organik menjadi eco enzyme di Guwo Sari Training Center (GSTC) Bantul. Pemateri dan pembimbing praktek terdiri dari Dwi Wantoro, S.T., M.T. dan Nani Widuri dari GSTC. Ketua GSTC sekaligus pengusaha industri pipa PVC dari sampah yang berlokasi di Guwosari, Boy Candra, memberikan sambutan, sharing pengalaman dan diskusi dengan peserta.

Hari ketiga kegiatan bertempat di Aula lantai 4 BBTKLPP Yogyakarta dengan pemaparan materi dan praktek pengolahan limbah minyak menjadi sabun oleh Ibu Yomi Windri Asni beserta tim dari Bank Sampah Berdikari Sejahtera Bantul. Pada setiap kegiatan peserta didampingi oleh Haris Joni Rimbawan, S.Si., M.Eng. dan Fajar Marendra S.T., M.Sc. dari DTK FT UGM.

Acara di tutup oleh Koordinator Substansi ADKL, Feri Astuti, S.T., M.P.H., diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam pengelolaan dan pengolahan limbah, serta mendukung dalam menghasilkan inovasi berkelanjutan yang ramah lingkungan yang erat kaitannya dengan program Gerakan Kantor Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS) di kantor BBTKLPP Yogyakarta.