Pertemuan Daring Sosialisasi Kegiatan terkait Malaria Tahun 2022


Dalam rangka mendukung program malaria yang bertujuan untuk mencapai eliminasi malaria secara nasional pada tahun 2030, BBTKLPP Yogyakarta akan melaksanakan kegiatan Surveilans Sentinel Malaria Knowlesi dan Identifikasi Karakter Genetik Plasmodium sp. Sebagai persiapan pelaksanaan kegiatan, pada hari Jum’at, 11 Maret 2022 diselenggarakan pertemuan secara daring Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Kegiatan Terkait Malaria Tahun 2022 yang dihadiri oleh 45 peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Rumah Sakit  dan Puskesmas dengan kasus malaria terbanyak dalam dua tahun terakhir di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Purworejo, dan Kulon Progo.

Acara dimoderatori oleh Sub Koordinator Sub Substansi Advokasi dan KLB (Heni Amikawati, S.K.M.), dilanjutkan dengan paparan rencana pelaksanaan kegiatan Surveilans Sentinel Malaria Knowlesi yang disampaikan oleh dr. Ratna Wjayanti, M.P.H. dan rencana pelaksanaan kegiatan Identifikasi Karakter Genetik Plasmodium sp. disampaikan oleh Dr. Andiyatu, S.K.M., M.Si. dilanjutkan dengan diskusi.

Kesepakatan hasil diskusi, akan segera dilakukan kegiatan OJT (On the Job Training) bagi petugas teknis yang menjadi lokasi sentinel di Kabupaten Purworejo, Kulon Progo dan Banjarnegara, pada tanggal 25, 29 dan 31 Maret 2022.

Salam Sehat