Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada Saat Lebaran


Dalam rangka pencegahan penyakit potensial KLB/Wabah akibat makanan minuman di terminal dan stasiun pada saat Lebaran, BBTKLPP Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit pada Saat Lebaran di Kabupaten Klaten dan Kota Yogyakarta. Kegiatan dilakukan selama empat hari yaitu pada tanggal 14 Maret di Terminal Ir. Soekarno Klaten, 15 Maret di Stasiun Klaten, 17 Maret di Stasiun Tugu Yogyakarta, dan 18 Maret di Terminal Giwangan Yogyakarta.

Jumlah titik kegiatan sebanyak 40 titik terdiri atas lima warung di dalam Terminal Ir. Soekarno, lima warung di lingkungan sekitar Terminal Ir. Soekarno, sepuluh warung di lingkungan sekitar Stasiun Klaten, satu restorasi kereta api yang berhenti di Stasiun Tugu, lima warung di dalam Stasiun Tugu, empat warung di sekitar Stasiun Tugu (selasar Malioboro), dan sepuluh warung di dalam Terminal Giwangan. Terhadap semua warung dilakukan inspeksi kesehatan lingkungan warung dan penjamah, pengambilan sampel makanan minuman yang akan dilakukan pemeriksaan bakteriologi dan bahan tambahan makanan berbahaya minimal tiga sampel per warung, sampel usap alat makan untuk pemeriksaan Angka Kuman satu sampel komposit per warung, dan sampel usap tangan penjamah untuk pemeriksaan bakteriologi satu sampel per warung. Selain itu diambil juga dua sampel air bersih di masing-masing terminal dan stasiun.

Petugas yang terlibat adalah sanitarian dari Substansi ADKL, Pranata Laboratorium Kesehatan dari Instalasi Laboratorium Mikrobiologi Klinis, Laboratorium Biologi Lingkungan, Laboratorium Padatan dan B3, serta Laboratorium Fisika Kimia Air. Petugas dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang menjadi lokasi kegiatan juga turut membantu.

Kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal waktu yang direncanakan serta dalam pelaksanaan mendapat dukungan penuh dari DAOP 6 Yogyakarta, Pengelola Stasiun dan Terminal. Diharapkan hasil pemeriksaan laboratorium dan analisis IKL dapat disampaikan sebelum bulan Ramadhan agar para pemilik warung dapat melakukan perbaikan-perbaikan sebelum kenaikan jumlah pengunjung terminal dan stasiun pada momen Lebaran. Sehingga, hasil perbaikan itu dapat mencegah KLB akibat makanan minuman yang dijajakan di lingkungan terminal dan stasiun di Kabupaten Klaten dan Kota Yogyakarta.

Salam Sehat