On the Job Training (OJT) Kgiatan terkait Malaria Tahun 2022 di Kabupaten Banjarnegara


Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Surveilans Sentinel Malaria Knowlesi dan Kegiatan Identifikasi Karakter Genetik Plasmodium sp. di Kabupaten Banjarnegara, pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2022 BBTKLPP Yogyakarta menyelenggarakan Pertemuan On the Job Training (OJT) kegiatan terkait malaria tahun 2022 di Kabupaten Banjarnegara. Acara yang diselenggarakan di Gedung Multimedia Balai Litbangkes Banjarnegara Jl. Selamanik no 16 A Banjarnegara dihadiri oleh 30 peserta yang berasal dari petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, petugas labkesda Banjarnegara, petugas mikroskopis di RS rujukan, dan petugas pengelola program malaria, serta Juru Malaria Desa dan petugas mikroskopis malaria di Puskesmas Banjarmangu I, Banjarmangu II, Pagedongan, Punggelan II, Wanadadi I, Susukan I dan Purwanegara II.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara (dr. Latifa Hesti Purwaningtyas, M.Kes) didampingi oleh kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Abidin Achmad, S.K.M.). Dalam sambutan pembukaan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara menyampaikan bahwa penyakit malaria knowlesi merupakan hal baru bagi Banjarnegara, sehingga adanya OJT ini akan membuka wawasan petugas Kesehatan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap malaria. Dilanjutkan dengan paparan rencana pelaksanaan kegiatan Surveilans Sentinel Malaria Knowlesi yang disampaikan oleh Heni Amikawati, S.K.M. (Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda BBTKLPP Yogyakarta), paparan rencana pelaksanaan kegiatan Identifikasi Karakter Genetik Plasmodium sp. disampaikan oleh Dr. Andi Atu, SKM., M.Si. (Entomolog Kesehatan Ahli Madya BBTKLPP Yogyakarta), paparan materi Morfologi Malaria disampaikan oleh Rudiyanto, Amd. (Pranata Laboratorium Kesehatan BBTKLPP Yogyakarta) dan paparan Materi Malaria Knowlesi disampaikan oleh dr. Ratna Wijayanti, M.P.H. (Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda BBTKLPP Yogyakarta) dilanjutkan dengan diskusi dan praktek pengambilan sampel Dried Blood Spot (DBS).

Kesepakatan hasil diskusi, pengumpulan sampel slide darah jari dan DBS dimulai bulan April 2022 Fasyankes lain yang tidak ditunjuk menjadi sentinel akan mengirimkan sampel ke fasyankes sentinel terdekat, yaitu: Puskesmas Punggelan II sub sentinelnya adalah Puskesmas Wanadadi I, Puskesmas Banjarmangu I sub sentinelnya adalah RSUD Hj. Lasmanah, Puskesmas Banjarmangu II tidak memiliki sub sentinel, Puskesmas Pagedongan sub sentinelnya adalah RS Emanuel, Puskesmas Susukan I dan Puskesmas Purwanegara II

Salam sehat