Pertemuan Koordinasi B/BTKLPP Seluruh Indonesia di BBTKLPP Yogyakarta


Dalam rangka peningkatan peran, tugas pokok dan fungsi Balai Besar/Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (B/BTKLPP) pada upaya pencegahan dan pengendalian penyakit, pada tanggal 28-31 Maret 2022 dilaksanakan pertemuan koordinasi B/BTKLPP seluruh indonesia.

Acara berlangsung secara luar jaringan (luring) yang diikuti oleh peserta di Aula lantai 5 Gedung Pelayanan BBTKLPP Yogyakarta dan juga dalam jaringan (daring) oleh beberapa narasumber yang tidak dapat hadir secara langsung. Jumlah peserta dihadiri oleh 85 orang yang berasal dari perwakilan B/BTKLPP se Indonesia serta 5 Direktorat di lingkungan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Ditjen P2P) antara lain Direktur, Kepala, Kepala Sub Administrasi Umum, Koordinator dan Sub Koordinator beserta jajarannya.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dibacakan safety briefing oleh MC, Nadia Regina Martanti, SKM. Acara diawali dengan pembukaan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS. Dalam arahannya, Dirjen P2P menyampaikan bahwa B/BTKLPP merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang memiliki peran sangat strategis dalam mendukung transformasi sistem kesehatan dengan penguatan surveilans dan laboratorium dalam pelaksanaan ketahanan kesehatan. Untuk itu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya diharapkan seluruh B/BTKLPP dapat menyiapkan sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung lainnya yang memadai. Selain itu, Dirjen P2P meminta kepada seluruh B/BTKLPP dapat menyesuaikan apabila terjadi perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) maupun tugas pokok dan fungsi sesuai kebutuhan organisasi. Diakhir arahannya, Dirjen meminta agar seluruh B/BTKLPP dalam melaksanakan kegiatan berpedoman kepada regulasi yang sudah ada dan juga dapat selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan materi narasumber oleh para Direktur dan yang mewakili. Narasumber menyampaikan terkait struktur organisasi dan tata laksana pelaksanaan Program P2P, Strategi dan arah pengembangan Program surveilans dan karantina kesehatan, Strategi dan arah pengembangan Program penyehatan lingkungan, Strategi dan arah pengembangan program pencegahan dan pengendalian penyakit menular, Strategi dan arah pengembangan program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.

Pencerahan dan arahan yang disampaikan oleh para narasumber kemudian menjadi bekal peserta dalam pelaksanaan diskusi kelompok yang membahas tentang sinkronisasi kegiatan B/BTKLPP Tahun 2023 dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas). Acara berjalan lancar dan ditutup dengan paparan hasil diskusi kelompok serta foto bersama.

Salam Sehat