In House Training (IHT) Validasi Metode Pengujian IHT Validasi Metode Pengujian Mikrobiologi BBTKLPP Yogyakarta


Pada tanggal 5 dan 6 Maret 2022 diselenggarakan IHT Validasi Metode Pengujian Mikrobiologi di BBTKLPP Yogyakarta. Pelaksanaan IHT ini dilakukan bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan instruktur Dr. Drh. Tati Ariyanti, MP dengan asisten Kukuh Prawita Satriaji, SSi, MSc.

Acara dibuka oleh Ibu Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr.dr. Irene, MKM. Peserta IHT meliputi petugas laboratorium penguji dan kalibrasi di BBTKLPP Yogyakarta. Dalam sambutannya disampaikan bahwa tujuan IHT untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petugas laboratorium terutama di bidang mikrobiologi guna memperkuat akreditasi laboratorium di BBTKLPP Yogyakarta sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2017, dimana pada tahun 2021 lingkup pengujian yang terakreditasi KAN bertambah antara lain COVID-19, Malaria, Indentifikasi Nyamuk (Aedes sp, Culex sp, Anopheles sp), dan Japanese Encephalitis (JE).

Materi yang disampaikan dalam IHT ini tentang validasi metode pengujian mikrobiologi yang meliputi : Persiapan validasi metode; Parameter kinerja validasi metode mikrobiologi; Perhitungan recovery; Pengolahan data kuantitatif; Pengolahan data kualitatif. Dalam pelaksanaannya untuk mendapatkan sertifikat terdapat pre test, exercise dan post tes.

Acara ditutup oleh tim BSN. Diharapkan peserta dapat mengaplikasikan materi yang diberikan pada masing-masing instalasi laboratoriumnya.