Pertemuan Penyusunan Rencana Kesiapsiagaan Bencana BBTKLPP Yogyakarta dengan BPBD Kabupaten Bantul


Bencana dapat terjadi kapan dan dimana saja, termasuk di tempat kerja. BBTKLPP Yogyakarta yang berlokasi di Kab Bantul memiliki potensi bahaya bencana gempa bumi, kebakaran dan angin puting beliung. Dalam rangka kesiapsiagaan terhadap bencana tersebut BBTKLPP Yogyakarta melakukan upaya untuk membangun kesiapsiagaan bencana melalui pengorganisasian serta langkah yang tepat guna. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Dr. dr. Irene, MKM selaku Kepala Balai bersama Ka Subbag ADUM Ibu Dhelina Auza Utami, S.Farm, Apt., MM., Koordinator TU Bapak Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes, Koordinator Substansi ADKL Ibu Feri Astuti, S.T.,M.P.H serta perwakilan dari masing-masing instalasi dan substansi. Hadir sebagai narasumber dari BPBD Kabupaten Bantul adalah Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pasca Bencana Bapak Prihana,S.T serta jajarannya.

Kepala BBTKLPP Yogyakarta Dr. dr. Irene, M.K.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa laboratorium BBTKLPP Yogyakarta yang sudah terakreditasi diwajibkan untuk memiliki rencana kontigensi dari aktivitas yang terkait dengan bahan kimia di laboratorium serta kesiapan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan evakuasi ketika terjadi keadaan darurat. Pertemuan penyusunan rencana kesiapsiagaan ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sudah dilakukan tahun sebelumnya yaitu analisa ancaman, identifikasi potensi, kapasitas dan kerentanan serta titik kumpul di BBTKLPP Yogyakarta. Pada pertemuan ini dilakukan reviu draft jalur evakuasi dari gedung laboratorium dan gedung pelayanan serta reviu struktur tim tanggap darurat yang telah disusun.

Tindaklanjut kedepan akan dilakukan uji coba jalur evakuasi yang telah disusun untuk melihat efektifitas jalur yang sudah dibuat kemudian akan dilanjutkan dengan penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Bencana, Rencana Kontijensi dan Rencana Operasi.

Tahap demi tahap akan terus dilakukan sebagai upaya menyempurnakan pengelolaan penanggulangan bencana yang mungkin bisa kapan saja terjadi. Untuk itu diperlukan dukungan setiap lini dalam mensukseskannya. Kedepan diharapkan keberhasilan pengelolaan bencana ini akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pegawai dan pelanggan yang berada di kantor BBTKLPP Yogyakarta.

Salam Sehat